Gunung Kerinci Erupsi, Penerbangan Dilarang Mendekat Gunung Kerinci sedang erupsi. (Foto: Twitter/Sutopo_BNPB)

MerahPutih Peristiwa - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi mengalami erupsi dalam Waspada sejak kemarin, Jumat (18/11). Aktivitas gunung tertinggi di Pulau Sumatera itu hingga kini masih menyeburkan abu dengan ketinggian 800-1.000 meter.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa status Waspa Gunung Kerinci membuat aktivitas di sekitar Gunung Kerinci dilarang.

"Waspada Gunung Kerinci. PVMBG melarang aktivitas di dalam radius 3 kilometer dan penerbangan tidak melintas di atasnya," kata Sutop via Twitter.

Status Gunung Kerinci naik Waspada sejak Jumat. Asap kelabu tebal menyembur pada ketinggian 500-600 meter. Tercatat tekanan lemah dam condong ke arah barat daya.

Sementara itu, melalui akun media sosialnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius bahaya (KRB III). Masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci dalam radius 3 kilometer dari kawah aktif.

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih dapat terjadi abu dengan ketinggian yang bisa mengganggu jalur terbang," demikian via Instagram pvmbgcvghm.



BACA JUGA:

  1. Pesona Alam Gunung Kerinci
  2. Ada Situs Peninggalan Manusia Megalitikum di Danau Kerinci
  3. Panorama Alam Danau Kerinci
  4. Ngangah Kerinci, Tari Pemanggil Roh Harimau
  5. Mitos Manusia Harimau Kerinci


Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE