Konsumsi Vitamin C Agar Kulit dan Tubuh Sehat Vitamin C bermanfaat baik bagi dalam dan luar tubuh (Foto: pixabay.com)

Semua jenis vitamin dikenal baik dan bermanfaat bagi tubuh, serta bisa jadi berbahaya jika Anda kurang mengonsumsinya. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan K, semuanya bisa didapat dari berbagai jenis bahan makanan alami.

Vitamin C yang bisa diperoleh dari jeruk, jambu biji, dan cabai nyatanya bisa mencegah berbagai penyakit mulai dari influenza hingga naiknya tekanan darah. Tapi apakah Sahabat MerahPutih tahu, vitamin C memiliki manfaat bagi dalam dan luar tubuh seperti ditulis mindbodygreen?

1. Memperbaiki dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari

Pakai produk berbahan vitamin C untuk cegah kerusakan akibat sinar matahari (Foto: pixabay.com)

Memakai moisturizer atau serum dengan kandungan vitamin C sebelum memakai tabir surya membantu menghindari 'keras'-nya sinar matahari. Bintik hitam disebabkan meningkatnya melanin yang memproduksi pigmen dalam kulit, salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari. Nah, vitamin C bisa jadi cara yang efektif untuk merawat hiperpigmentasi dan tanda awal penuaan karena paparan sinar matahari.

2. Kuku lebih kuat

Rawat kuku, 'bersahabat'lah dengan vitamin C (Foto: pixabay.com)

Vitamin C memainkan peran penting bagi tubuh untuk memproduksi kolagen, protein penyusun tubuh manusia yang merupakan struktur organik pembangunan tulang, gigi, sendi, otot dan kulit. Selain itu, kolagen juga bisa menguatkan kuku dari luar dan dalam. Jadi dengan mengonsumsi vitamin C, kita bisa mendapatkan kuku idaman yang cantik, sehat, dan kuat.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Vitamin C bisa jadi solusi baik bagi rambut kita yang rusak (Foto: pixabay.com)

Seperti yang sudah dibahas pada poin dua, vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, yang juga bisa menstimulasi folikel rambut yang meningkatkan pertumbuhan. Vitamin C yang cukup dikonsumsi tubuh juga penting untuk menyerap zat besi agar rambut lebih kuat, sehat, dan menghindari rambut bercabang. Selain dengan cara mengonsumsi, bisa juga menggunakan masker vitamin C yang dioleskan pada rambut.

4. Lebih berenergi

Konsumi vitamin C yang cukup bisa memperbaiki mood dan energi kita (Foto: pixabay.com)

Vitamin C bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi, dan kurangnya zat besi bisa menimbulkan lelah dan lemas. Jadi dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup, kita pun akan merasa lebih bersemangat dan bertenaga.

Sumber : https://www.mindbodygreen.com/articles/articles-this-vitamin-is-actually-magic


Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH