Indonesiana Tradisi

Gulat Okol Jadi Tradisi Warga Bongsowetan di Acara Sedekah Bumi

Gulat Okol Jadi Tradisi Warga Bongsowetan di Acara Sedekah Bumi

Budaya kearifan lokal sebagai warisan leluhur, ternyata masih terjaga di beberapa desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Salah satunya di Dusun Bongsowetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti. Di Dusun Brongsowetan ini masyarakat menggelar Sedekah Bumi dibarengi dengan gulat tradisional, atau dikenal dengan nama Gulat Okol.

Mas'ud, salah seorang warga Dusun Bongsowetan, menuturkan, penyelenggaraan acara Gulat Okol dilakukan setiap menyambut musim tanam dan musim panen.

"Gulat Okol ini digelar masyarakat Bongsowetan secara beramai-ramai baik saat menanam padi maupun panen padi. Dan ini merupakan maksud dari sedekah bumi dengan berharap agar nanti panennya bisa terus melimpah," ujarnya.

Peserta Gulat Okol, tidak mengenal umur, sebab yang mengikutinya tidak hanya orang dewasa maupun remaja. Anak-anak, bahkan perempuan pun tampil dalam kegiatan yang sudah digelar secara turun temurun itu.

Warga Bongsowetan sendiri dikenal sebagai salah satu dusun yang sangat toleran. Dua umat beragama hidup rukun di sana, yaitu Islam dan Hindu. Kedua umat beragama saling menghormati satu sama lain. Bahkan, mereka bisa saling membantu dan bekerja untuk kepentingan bersama.

Hal ini bisa terlihat saat prosesi sedekah bumi ini berlangsung. Umat Hindu dan Islam melakukan doa bersama di Makam Mbah Lani. Seseorang yang dipercaya warga setempat sebagai sesepuh dusun.

"Beliau yang dulu mbabati lahan hingga dusun ini ada. Makanya warga melakukan doa bersama sebagai bentuk hormat,” ujar, pria yang berprofesi sebagai guru ini.

Kedua umat beragama tersebut lanjutnya, saling berbaur menikmati beragam kesenian seperti tayuban, Gulat Okol, dan penampilan Ludruk. Bahkan, mereka bisa hidup rukun dan bersama-sama melestarikan budaya Gulat Okol yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Artikel ini hasil liputan Mauritz, kontrubutor atau reporter merahputih.com saat bertugas di wilayah Gresek, Jawa Timur.

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami