Gudang Cartil Kafe dengan Bangunan Paling Unik di Bandung Gudang Cartil. (Istagram/gudangcartil)

Ada-ada saja konsep tempat makan di Bandung yang satu ini. Ketika banyak pengusaha tempat makan membangun tempat sebagus-bagusnya, kafe ini malah menempati sebuah gedung bekas dan membiarkan sebagiannya tetap kelihatan seperti gudang tak terpakai. Namanya Gudang Cartil.

Bandung memang terkenal dengan kreativitas para pengusaha tempat makannya. Beragam konsep tempat makan atau kafe bertebaran di setiap kawasan di Bandung. Gudang Cartil punya tempat di hati para pecinta kuliner di kota kembang ini. Kafe ini menjadi salah satu kafe dengan konsep paling unik di Bandung.

Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)
Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)

Gudang Cartil ini menyisakan beberapa bagian terkesan tak terawat layaknya gedung tak tepakai. Sebelum menjadi kafe seperti sekarang, gudang ini memang sudah tak lagi dipakai. Namun, keterbatasan bahan dan dana justru memunculkan ide yang "gila". Sebuah proyek bernama Picker's Project atau Troyek Memulung telah menciptakan karya luar biasa sebagai tempat makan apik di Bandung.

 Gedung Cartil. (Instagram/gudangcartil)
Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)

Kosep pembangunan kafe ini re-use. Beberapa bagian bangunan dibiarkan seperti apa adanya. Bahan bangunan, interior, hingga kaca merupakan daur ulang dari bahan-bahan yang sudah dipakai. Konsep ini memunculkan bangunan unik sebagai tempat makan. Dinding-dinding gudang dibiarkan tanpa cat baru, sebagian meninggalkan noda dan kerusakan, tapi justru membuat bangunan bernilai seni tinggi.

Penggunaan bangku dan meja juga dari bahan bekas. Meja didirikan dengan kaki dari tong atau ban mobil bekas. Botol bekas dipasang di bagian dinding supaya cahaya lebih banyak masuk. Tapi, jangan berpikir bahwa tempat makan ini menyeramkan. Beberapa bagian tetap dihiasai untuk menonjolkan kesan kafe yang kekinian. Di antarany mural keren pada dinding besar di bagian dalam kafe.

Gedung Cartil. (Instagram/gudangcartil)
Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)

Ada hal lain yang membuat Gudang Cartil banyak didatangi para pecinta kuliner Bandung. Kafe yang terletak di dataran tinggi Curug Tilu menyajikan pemandangan Kota Bandung yang indah, terutama saat malam hari.

Soal menu, MP Friends jangan khawatir. Gudang Cartil bukan hanya menawarkan konsep tempat dan pemandangan apik. Menu yang ditawarkan Gudang Cartil juga tidak kalah enaknya dengan di tempat lain.

Ada banyak pilihan menu, diantaranya Nasi Goreng Kencur, Nasi Goreng Baso Sosis, Nasi Goreng Gila, Nasi Cartil. Makanan beratnya ada Ayam Jebred, Ceker Teroris, Nasi Ayam Pandan, Spaghetti Bolognaise, Ayam Pelecing dan masih banyak lagi. Ada juga beragam macam camilan yang bisa membuat Kamu betah berlama-lama di gudang bekas ini.

Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)
Gudang Cartil. (Instagram/gudangcartil)

Kalau Kamu lagi jalan-jalan ke Kota Kembang, sangat sayang jika tak menyempatkan berkuliner di Gudang Cartil. Gudang Cartil terletak di Jalan Padasuka, Caringin Tilu, Bandung.

Ingin mengeksplorasi kuliner Bandung lebih banyak lagi? Ini rekomendasi tempat makan untuk MP Friends dalam artikel 5 Kafe Hits dengan Pemandangan Indah di Bandung


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE