Gubernur Ahok: Stok Sembako Jelang Lebaran Aman Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto/MP: Yohanes Abimanyu)

Pemprov DKI Jakarta menjamin ketersedian stok beras dan daging stabil menjelang hari raya Idul Fitri. Kini, stok beras yang dimiliki di Pasar Induk Beras Cipinang mencapai 34.000 ton dan stok Bulog mencapai 42.000 ton.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan masyarakat tak perlu khawatir kebutuhan sembako menjelang Idul Fitri. Pasokan sebanyak itu cukup untuk 4 sampai 5 bulan.

"(Stok) Kita aman. Saya kira, (stok) beras dalam lima tahun ini di DKI stabil. Stok kita cukup untuk memenuhi kebutuhan di hari Lebaran," kata Ahok saat ditemui di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

"Saya kira cukup, pangan di DKI aman, warga tidak perlu gelisah, semuanya serba cukup," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan stok beras akan aman hingga Ramadan, karena Kementan memiliki stok beras yang mencukupi. Oleh karena itu, dia mengatakan pedagang tidak perlu takut kehabisan stok dan jangan berani-berani menaikkan harga.

"Laporan yang masuk ke saya dari Jawa Barat, stok beras bahkan diletakkan di lorong-lorong gudang, dengan demikian saya pastikan stok bahan pokok sampai Lebaran aman. Jika selama ini ditemukan harga beras yang bervariatif di kisaran Rp7.000-Rp9.000, artinya sektor pengolahannya untuk menentukan beras premium 1, 2 dan 3," ujar Amran di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (13/4) lalu.

Menurutnya saat ini Kementan memiliki stok beras 2,1 juta ton yang siap di distribusikan ke pasaran. Jumlah tersebut akan ditambah lagi untuk persiapan menjelang Puasa dan Lebaran.



Yohannes Abimanyu