Google Doodle Peringati Hari Ulang Tahun Dewi Sartika ke-132, Siapa Dia Dewi Sartika jadi tema Google Doodle Sabtu (4/12) (Foto: Screenshot google.co.id)

MerahPutih Berita Tekno - Hari ini Sabtu (4/12) google Indonesia memasang doodle khusus yakni peringatan hari lahir Dewi Sartika yang ke-132. Jika membuka halaman pertama google terpajang doodle animasi seorang ibu guru sedang mengajar murid-muridnya. Siapakah Dewi Sartika yang kelahirannya diperingati secara khusus google Indonesia pada hari ini? 

Banyak yang mengenal Dewi Sartika sebagai salah satu pahlawan nasional. Namun sedikit yang mengetahui sepak terjang dan perjuangan Dewi Sartika semasa hidupnya. Siapa Dewi Sartika yang jadi tema doodle Sabtu 4 Desember ini:

Raden Dewi Sartika lahir di Bandung, 4 Desember 1884. Putri dari keluarga priyai Sunda, Raden Somanagara dan Raden Ayu Rajapermas, ini dikenal sebagai tokoh Sunda perintis pendidikan.

Ia mendapat pendidikan sejak di dalam rumah oleh kedua orangtuanya. Ia pun menempuh pendidikan di sekolah Belanda. Ia mendapat pengetahuan kebudayaan Sunda oleh pamannya, Patih Arya. Ia juga mendapat pengetahuan kebudayaan Barat dari seorang nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.

Sejak 1902 ia sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, ia mengajar anggota keluarganya yang perempuan. Pada 16 Januari 1904, ia mendirikan Sakola Istri (Sekolah Perempuan) pertama di Nusantara.

Berkat perjuangan dan pengabdian Dewi Sartika kaum perempuan di Jawa Barat memperoleh pendidikan yang setara dengan kaum pria. Di samping sebagai tokoh pendidik, Dewi Sartika yang hari ini berulang tahun ke-132 merupakan pelopor emansipasi wanita. Tak heran, google memasang doodle penghormatan kepada salah satu tokoh perempuan asal Jawa Barat ini.

BACA JUGA:

  1. Google Doodle Rayakan Hari Ayah 2016
  2. Google Doodle Rayakan Hari Sumpah Pemuda ke-88
  3. Google Rayakan Ulang Tahun ke-117 Ladislao Jose Biro, Siapa Dia?
  4. Selamat Ulang Tahun ke-18 Google
  5. Google Pasang Doodle Rodolfo Guzman Huerta alias El Santo, Siapa Dia?


Eddy Flo