Gerakan Push Up 5 Menit yang Harus Anda Kuasai Agar Otot Kencang

Rina GarminaRina Garmina - Senin, 08 Mei 2017
Gerakan Push Up 5 Menit yang Harus Anda Kuasai Agar Otot Kencang
Push up selama 10 menit sehari akan membuat otot Anda kencang dalam waktu 3-4 bulan. (Foto: gettyimages.com)

Jadwal rapat yang padat membuat Anda tak sempat nge-gym. Akibatnya otot lengan pun kendur. Tenang, walaupun tidak bisa ke gym setiap hari, Sahabat Merahputih dapat tetap memperoleh otot yang kencang. Caranya, berolahraga lah di rumah. Bila tidak punya waktu banyak, lakukan push up selama 5 menit sebanyak dua kali dalam sehari.

"Kalau bisa rutin, hasilnya akan terlihat 3-4 bulan. Otot-otot di lengan, dada dan punggung lebih kencang. Dan postur bahu tegak," terang personal trainer yang mendapatkan sertifikat personal training dari Fitness First International, Andri Wilfritz Nasution.

Anda pasti pernah mendapatkan teori dasar push up saat duduk di bangku sekolah. Nah, teori tersebut dapat Sahabat Merahputih praktikkan kembali saat ini. Mulailah dengan berbaring telungkup. Pastikan telapak tangan menempel di lantai, sedikit lebih lebar dari bahu. Sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Kemudian hadapkan siku ke arah luar dengan kedua ujung kaki menempel di lantai dan terpisah kira-kira selebar bahu.

Dorong tubuh ke atas perlahan-lahan dengan gerakan terkontrol sampai lengan terentang lurus. Posisi ujung kaki harus menempel di lantai. Namun, jangan sampai siku terkunci. Setelah itu turunkan kembali ke posisi awal. Sebelum tubuh menyentuh lantai, ulangi gerakan mendorong sebanyak 10-15 kali untuk satu set. Jika tidak sanggup, sesuaikan dengan kemampuan, minimal 3-4 set.

Menurut Andri, variasi push up untuk pemula bisa dilakukan dengan gerakan yang sama, tetapi memakai bagian lutut yang menjadi titik tumpuan di lantai. Posisi kedua lutut dirapatkan. Selama proses push up, anggap tubuh kita seperti batang kayu yang lurus. Jadi dari kepala hingga kaki membentuk satu garis lurus. Untuk membantu tubuh tetap lurus, kencangkan otot-otot di bokong dan perut selama gerakan.

Push up efektif mengencangkan otot dada, tricep atau otot bagian bawah lengan atas, serta anterior deltoid alias otot bahu depan. Mau? Kalau begitu, jangan lupa untuk mempraktikkannya selama dua kali sehari.

Baca pula info menarik lainnya seputar tips olahraga dalam artikel ini: Mengapa Pijat Dilarang Saat Cedera Ankle?.

#Push Up #Olahraga Singkat #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan