Gempa Bumi Megathrust Guncang Kepulauan Mentawai

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 24 Agustus 2016
 Gempa Bumi Megathrust Guncang Kepulauan Mentawai
Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai. Sumatera Barat. (Foto: Screenshot Google Maps)

MerahPutih Nasional - Gempa bumi teknotik berkekuatan 5,6 SR mengguncang Pulau Pagai, Kepulaua Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (24/8), pukul 20.48 WIB. Pusat gempa terletak pada 2,97 LS dan 100,15 BT, tepatnya di laut pada jarak 6 kilometer arah barat Kecamatan Malakopa, Pagai Selatan pada kedalaman 25 kilometer.

Gempa dirasakan cukup kuat di Malakopa, Muntai, Siberut, Siberimanua, Sikakap, Mukomuko, Solok, Painan dan Padang. Warga berlarian ke luar rumah. Belum ada laporan kerusakan.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di pesisir Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan Bengkulu dihimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa bumi ini jika ditinjau dari lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya merupakan gempa bumi dangkal di zona megathrust. Zona megathrust adalah zona penyusupan Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di kedalaman dangkal dan landai di bawah Pulau Pagai. Jika gempa bumi megathrust terjadi dengan kekuatan besar, maka dapat berpotensi tsunami.

"Untuk itu kita patut bersyukur bahwa gempa bumi ini meskipun terjadi di zona megathrust, memiliki mekanisme sumber sesar naik (thrust fault) tetapi karena kekuatannya relatif kecil maka tidak cukup kuat untuk menciptakan deformasi dasar laut untuk memicu terjadinya tsunami," kata Daryono dalam rilis tertulis BMKG.

BACA JUGA:

  1. BMKG: Gempa Tektonik Guncang Pantai Utara Papua
  2. Gempa 5 SR Guncang Sulawesi Utara
  3. Puluhan Rumah Rusak akibat Gempa Sumbar 6,5 SR
  4. Mengenang 10 Tahun Gempa Yogyakarta
  5. BMKG: Gempa Guncang Garut Berkekuatan 6,1 SR
#BMKG #Pulau Pagai #Kepulauan Mentawai
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan