Gebyar Pasar Keroncong Kotagede Yogyakarta

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Selasa, 06 Desember 2016
Gebyar Pasar Keroncong Kotagede Yogyakarta
Musik keroncong merupakan musik kreasi seniman nusantara,Dalam menyemarakkan wujud musik keroncong di Yogyakarta, 3 panggung berdiri di kawasan Kotagede, Yogyakarta (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Musik keroncong merupakan musik kreasi seniman nusantara. Meski berinduk pada musik dari luar, keroncong kini menjelma menjadi wujud budaya yang kaya akan tradisinya.

Dalam menyemarakkan wujud musik keroncong di Yogyakarta, 3 panggung berdiri di kawasan Kotagede, Yogyakarta. Ketiga panggung berada di barat pasar, panggung Sopingen di barat daya pasar, dan panggung Loring Pasar yang tepat berada di utara pasar. Panggung tersebut merupakan panggung Pasar Keroncong Kotagede 2016.

http://server1.merahpoetih.com/gallery/public/2016/12/06/rD2JkbfQOs1481004529.JPG

Alunan musik keroncong dibuka dengan sambutan dari seniman Slamet Raharjo. Gebyar keroncong pun dimulai, tepat pukul 19.30 WIB, meski rintik hujan menyelimuti malam itu.

Natsir, seorang panitia sekaligus inisiator, panggung keroncong ini menghadirkan delapan orkes keroncong asli Kotagede, dan delapan orkes keroncong dari beberapa daerah. Beberapa pengisi acara ini adalah Oppie Andaresta, Woro (di atas rata-rata), Syaharani, Subarjo HS, Yati Pesek, Retno Handayani, Orkes Keroncong Rinonce, Orkes Keroncong Cahaya Muda, Orkes Keroncong Chandra Kirana dan beberapa pengisi acara lainnya.

"Ini tak lepas dari sejarah keroncong yang tumbuh dengan baik di wilayah yang terkenal akan kerajinan peraknya. Kita berharap event tahunan ini terus berlangsung sebagai media untuk melestarikan musik keroncong," paparnya. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Kotagede sebagai Pusat Berkembangnya Musik Keroncong
  2. Pasar Keroncong Kotagede Hadirkan 16 Grup Musik Keroncong
  3. Pasar Keroncong Kotagede 2016 Digelar Akhir Pekan Ini
  4. Luar Biasa, Meski Tunanetra Grup Ini Piawai Memainkan Musik Keroncong
  5. Pelipur Lara dalam Lagu Keroncong Kemayoran
#Yogyakarta #Musik Tradisional #Musik Keroncong #Keroncong Week
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan