Geblek Renteng, Motif Batik Khas Kulonprogo Sentra Batik Kulon Progo, Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah)

Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta adalah tiga ikon batik di Pulau Jawa. Ketiganya pun memiliki ciri khas masing-masing dalam setiap motifnya.

Kini perkembangan batik di Yogyakarta terus berkembang. Tiap-tiap daerahnya mengembangkan motif yang menjadi ciri khasnya. Terbaru, Kabupaten Kulonprogo menetapkan motif khasnya sendiri. Motif tersebut bernama motif batik geblek renteng.

Batik geblek renteng merupakan motif batik yang menyerupai bentuk makanan khas Kulon Progo. Bentuknya berupa pola angka delapan. Geblek makanan olahan dari singkong dan merupakan satu makanan khas yang menjadi identitas Kulon Progo, sementara renteng berarti rentengan atau ikatan satu sama lain saat digoreng.

Motif Batik Geblek Renteng
Salah satu motif batik Geblek Renteng (MP/Fredy Wansyah)

Batik geblek renteng bukanlah hasil karya perajin batik yang terbilang profesional. Motif ini hasil lomba desain batik Kulonprogo pada tahun 2012 lalu. Kala itu, lomba dimenangkan Ales Candra Wibawa, siswa SMA Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Ia menciptakan motif batik geblek renteng.

Geblek Renteng, Kulon Progo
Beberapa motif Geblek Renteng, Kulon Progo (MP/Fredy Wansyah)

Sejak itulah motif geblek renteng dikenal di kancah industri batik sebagai motif pendatang baru dari Kulonprogo. Semangat mengenalkan motif khas ini pun didukung pemerintah daerahnya dengan menetapkan wajib berbatik bagi pegawai negeri sipil dan siswa sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Semuanya menggunakan batik motif geblek renteng.(Fre)

Informasi menarik dan seru seputar Kulon Progo, Yogyakarta, pernah dibahas melalui artikel: Air Terjun Kembang Soka Pesona Alam Kulon Progo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH