Ganjar Pranowo Wujudkan Revolusi Mental dengan Perbaikan RTLH

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 08 April 2017
Ganjar Pranowo Wujudkan Revolusi Mental dengan Perbaikan RTLH
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai gerakan swadaya berupa perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) oleh beberapa kelompok masyarakat merupakan cermin dari revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Menurut saya, kalau Pak Jokowi bilang revolusi mental itu, ya, begini ini konkretnya, masyarakat bertindak, semuanya bareng-bareng (memperbaiki RTLH di lingkungan masing-masing)," kata Ganjar di Semarang, Jumat (7/4).

Menurutnya, program-program pengentasan masyarakat dari kemiskinan, seperti perbaikan RTLH di Jawa Tengah, berbagai pihak dan kalangan masyarakat memang perlu bekerja bersama-sama karena pemerintah saja tidak akan mampu melakukannya dikarenakan keterbatasan anggaran.

Politikus PDI Perjuangan itu mengharapkan kegiatan yang dilakukan para sukarelawan ini dapat menjadi inisiatif bagi warga lain untuk tidak berpangku tangan melihat warga di sekitarnya yang kesusahan.

"Perbaikan RTLH ini memang menjadi program kami. Kami coba kejar betul (pengentasan masyarakat dari) kemiskinan seperti ini, khususnya dari rumah tidak layak huni, kondisi ekonominya, dan kondisi kesehatannya," tandasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen mempercepat perbaikan sebanyak 1.682.723 unit RTLH dan menuntaskan kawasan permukiman kumuh seluas 9.408.867 hektar yang tersebar di berbagai daerah.

Untuk mengatasi persoalan RTLH yang jumlahnya lebih dari 1,6 juta unit itu, Ganjar menginstruksikan semua instansi untuk melakukannya secara bersamaan.

Selain itu, dalam pelaksanaan salah satu program pengentasan masyarakat dari kemiskinan tersebut perlu adanya kegotongroyongan dengan warga serta keterlibatan banyak pihak, baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Sumber: ANTARA

#Rumah Tidak Layak Huni #Ganjar Pranowo #Presiden Joko Widodo #Revolusi Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan