Ganjar Pranowo Pertanyakan Motif Aksi Cor Semen Warga Kendeng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA/Oky Lukmansyah)

Belasan warga Kabupaten Rembang dan Pati, Jawa Tengah melakukan aksi dengan cara mengecor kaki di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka menolak pendirian pabrik semen di Rembang.

Namun, aksi itu mengundang pertanyaan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurut politisi PDI Perjuangan ini sebelum mengeluarkan izin lingkungan yang baru terhadap pendirian pabrik semen, mereka juga diundang bersama pihak yang berkepentingan untuk menguji analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang ada.

"Kami persilakan warga menyampaikan aspirasi soal penolakan terhadap pabrik semen di Kabupaten Rembang tersebut," kata Guberur Jateng Ganjar Pranowo ditemui usai memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Wilayah Eks-Keresidenan Pati di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (14/3) seperti dinukil Antara.

Sebelumnya, mereka meminta Presiden Joko Widodo segera mencabut izin lingkungan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jateng dan menghentikan kegiatan penambangan karst oleh pabrik semen yang dinilai merusak lingkungan. Mereka mengecor kaki di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH