Festival Wayang Topeng 2017 Digelar di Yogyakarta

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 02 April 2017
Festival Wayang Topeng 2017 Digelar di Yogyakarta
Tari topeng Bantul, Yogyakarta (FOTO/Antara)

Dalam rangka pengembangan kesenian dan budaya daerah Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Wayang Topeng 2017. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Senin 3 hingga Selasa 4 April 2017 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

"Festival ini akan dimeriahkan penampilan kesenian wayang topeng dari Malang, Madura, Lamandau (Kalimantan Tengah), Bali, Indramayu, dan Yogyakarta," kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono seperti dilansir Antara, Minggu (2/4).

Pada hari pertama, yaitu Senin (3/4) pukul 18:00 WIB, akan tampil Kelompok Saujah dari Magelang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Madura, dan Bali. "Selanjutnya pada malam kedua 4 April dimulai pukul 19.30 WIB menampilkan kontingen Malang, Indramayu, dan Lamandau (Kalimantan Tengah)," katanya.

Ia mengatakan, kesenian topeng merupakan satu bentuk ekspresi seni paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia.

"Pada sebagian besar masyarakat, kesenian topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur," paparnya.

Umar mengatakan, melalui Festival Wayang Topeng ini, Dinas Kebudayaan DIY mengangkat topeng sebagai sebuah karya tari yang mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing daerah. "Eksistensi kesenian tradisi topeng perlu di picu dan diberi ruang serta dipromosikan sebagai kekayaan budaya," katanya.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Tersandung Kasus Narkoba, 5 Artis Ini Masuk 'Hotel Prodeo' dan Harus Direhabilitasi

#Wayang #Tari Topeng Malangan #Karya Seni Tradisional
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan