Fakta-fakta di Balik Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 27 Maret 2017
Fakta-fakta di Balik Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali
Ilustrasi Hari Nyepi (Getty Images)

Selasa, 28 Maret 2017 besok adalah peringatan Hari Raya Nyepi. Nyepi adalah hari raya umat Hindu. Hari Raya Nyepi juga merupakan perayaan tahun baru Hindu berdasarkan penanggalan atau kalender saka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi.

Nyepi sendiri berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Jadi, perayaan tahun baru Hindu dalam kalender Saka ini berbeda dengan perayaan tahun baru Masehi.

Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional semua tutup. Kecuali rumah sakit.

Tapi apakah Anda tahu fakta-fakta di balik momen perayaan Hari Raya Nyepi? Berikut merahputih.com merangkum beberapa fakta di balik perayaan Hari Raya Nyepi, yang bisa dijadikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda:

1. Saka Berasal dari Nama Orang

Hari Raya Nyepi yang merupakan perayaan Tahun Baru Saka ini ternyata berasal dari nama seorang misionaris pertama yang datang ke Bali.

2. Festival Ogoh - ogoh

Perayaan Nyepi juga identik dengan ogoh-ogoh, lambang kejahatan berbentuk seram, yang diarak keliling kota. Biasanya setelah itu ogoh-ogoh dibakar. Namun karena pembuatannya yang mahal, ogoh-ogoh bisa disimpan untuk perayaan di tahun berikutnya.

3. World Silent Day

World Silent Day ini terinspirasi dari kearifan budaya lokal di Bali, yaitu Perayaan Hari Nyepi. World Silent Day sendiri berbeda dengan perayaan Nyepi di Bali yang dilakukan selama 24 jam. WSD hanya dilaksanakan selama 4 jam saja, mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00. Peringatan WSD sudah dikampanyekan sejak tahun 2007 dan mulai berlaku pada tanggal 21 Maret 2011 lalu.

4. Menghemat Listrik

Saat perayaan Nyepi di Bali, otomatis akan menghemat listrik sebesar 60 persen, Karena listrik di Bali tidak dinyalakan selama 24 jam.

5. Menghemat Bahan Bakar

Ketika perayaan Hari Raya Nyepi, selain menghemat listrik, fakta menarik lain yang terlihat sangat jelas adalah mengenai bahan bakar kendaraan yang lebih hemat. Karena ketika nyepi semua aktivitas tidak dilakukan termasuk berkendara.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Tips 3 Cara Megatur Keuangan, dan Lupakan Istilah Tanggal Tua

#Hari Raya Nyepi #Ogoh-Ogoh #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan