6 Kreasi Aneh Penyajian Kopi yang Bisa Bikin Ketagihan gizmodo.com

Minuman hasil seduhan dari biji buah kopi kini mungkin menjadi salah satu minuman favorit banyak orang, termasuk orang-orang di Indonesia. Karena, selain aromanya yang nikmatminum kopi dipercaya bisa membuat mata menjadi lebih segar.

Di Indonesia, hasil kopi sangatberlimpah, hingga diekspor ke mancanegara. Tanaman berbagai jenis kopi di Indonesia tersebar di beberapa daerah seperti Sumatera, Jawa bahkan Wamena ujung timur Indonesia.

Semakin banyaknya para penikmat kopi membuat para pembuat kopi (barista) semakin kreatif meracik kopinya dengan berbagai kreasi. Malah ada yang mencoba meracik buah yang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes ini dengan menambahkan telur.

Berikut merahputih.com menyajikan berbagai racikan kopi dari beberapa negara yang mungkin dari Kalian belum pernah mencobanya, atau mungkin ingin mencobanya. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak:

1. Kopi dengan Telur

heraldsun.com.au

heraldsun.com.au

Mungkin kalau kopi yang satu ini Sahabat Merahputih sudah banyak yang tahu dan mencobanya ya? Kopi telur menjadi salah satu minuman yang juga memiliki banyak peminat. Seperti di negara Vietnam yang menyajikan kopi telur.

Tapi ternyata, di Indonesia, tepatnya di wilayah Sumatera Barat, banyak juga pedagang kedai kopi yang menyajikan minuman ini, namun masyarakat di sana menyebutkan sebagai kopi talua (kopi telur).

Kopi telur ini biasanya terbuat dari kuning telur dengan campuran susu kental yang keduanya dikocok secara bersamaan sampai berbusa dan kalau Sahabat Merahputih meminumnya akan terasa lembut di mulut.

2. Kopi dengan Garam Laut

content.time.com

content.time.com

Salah satu barista di kedai kopi yang berada di Taiwan mencoba meracik kopi dengan menambahkan garam laut di dalamnya. Bahkan, kopi tersebut menjadi salah satu minuman terlaris sejak tahun 2008.

Menurut juru bicara dari kedai kopi tersebut, sebenarnya menggunakan garam memang menjadi salah satu kebiasaan untuk beberapa makanan seperti buah semangka dan nanas yang dipercaya dengan menaburkan garam dibuah tersebut akan terasa lebih manis. Oleh karena itu, sang pembuat kopi mencoba meracik minuman berwarna coklat tersebut dengan memberikan tambahan berupa garam laut.

3. Kopi dengan Irisan Lemon

coffeetov.com

coffeetov.com

Buah lemon memang dipercaya memiliki banyak manfaat seperti membantu menurunkan berat badan atau mengurangi peradangan. Nah, mungkin Sahabat Merahputih bisa mencoba mengkombinasikan irisan lemon dengan secangkir kopi.

Seperti salah satu kedai kopi yang berada di negara Brazil yang membuat secangkir kopi dengan menambahkan irisan lemon atau yang biasa disebut Espresso Romano. Namun, minuman ini tidak disarankan untuk orang-orang yang mengalami penyakit maag, karena tingkat keasamannya cukup tinggi.

4. Kopi dengan tonic

thekitchn.com

thekitchn.com

Mungkin diantara kalian banyak yang belum mengetahui apa itu tonic? Tonic merupakan salah satu minuman ringan berkarbonasi yang mengandung kina dan memiliki rasa agak pahit. Minuman ini juga memiliki kandungan soda yang biasanya dipakai sebagai pencampur koktail.

Namun, di negara Swedia seorang peracik kopi mencoba mengkombinasikan kopi dengan tonic yang mungkin sepertinya agak aneh. Tetapi minuman ini menjadi salah satu minuman yang cukup populer khususnya para pecinta kopi.

Bahkan, jika Sahabat Merahputih coba kopi dengan tonic ini dapat menjadi minuman penyegar yang cukup berbeda dari kopi biasanya seperti espresso.

5. Kopi dengan Mentega dan Minyak

gizmodo.com

gizmodo.com

Apakah dari Kalian pernah mendengar kopi yang dicampurkan dengan mentega dan minyak? Sepertinya didengar saja cukup aneh ya? Akan tetapi, kopi ini memang ada, tepatnya di negara Amerika.

Menurut David Asprey yang menemukan kopi mentega dan menamainya dengan 'Bulletproof' ini merupakan salah satu minuman yang dapat menurunkan berat badan karena kopi ini dapat menghasilkan lemak yang baik sebagai bahan bakar energi dalam tubuh.

6. Kopi dengan Keju

epicureandculture.com

epicureandculture.com

Yang terakhir adalah racikan kopi yang dicampurkan dengan keju. Kaffeost merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat Swedia yang mencelupkan keju ke dalam secangkir kopi. Karena menurut mereka, keju atau yang biasa disebut dengan juustoleipa ini memiliki rasa yang lembut dan penuh kirim. Pembuatan kejunya pun terbuat dari susu sapi, kambing ataupun rusa.

Itulah beberapa minuman kopi yang diracik dengan tambahan beberapa bahan seperti telur ataupun keju yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Sahabat Merahputih yang bosan minum kopi dengan penyajian yang itu-itu saja. Masih ngomongin kopi, yuk buka artikel selanjutnya: Ingin Coba Kopi dengan Olahan Rempah-rempah? Rasakan Nikmatnya Kopi Rarobang


Tags Artikel Ini

Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE