Embay Ungguli Andika Sebagai Cawagub Banten 2017

Ana AmaliaAna Amalia - Senin, 31 Oktober 2016
Embay Ungguli Andika Sebagai Cawagub Banten 2017
Rano Karno - Embay Mulya/ Foto: Facebook Rano - Embay

MerahPutih Nasional - Sejumlah lembaga survei bekerja memetakan peluang kemenangan pada Pilkada Banten 2017. Diantaranya Cirus Surveyors Group, SMRC, dan Indobarometer.

Menurut survey Indobarometer Embay Mulya Syarief merupakan calon wakil gubernur yang paling disukai oleh masyarakat mengalahkan Andika Hazrumy. Padahal Embay, meskipun tokoh pendiri provinsi tersebut, merupakan pendatang baru yang tidak pernah disebut-sebut sebelumnya ketika masyarakat menunggu kepastian pendamping dari Rano Karno.

Tingkat kesukaan masyarakat Banten terhadap Embay Mulya Syarief mencapai 80,8 persen. Sedangkan Andika Hazrumy hanya 76,8 persen.

Sementara posisi untuk calon gubernur teratas ditempati oleh Rano Karno dengan tingkat kesukaan mencapai 90,2 persen, diikuti Wahidin Halim yang hanya 85,6 persen.

Hasil tersebut dianggap mengejutkan karena nama Embay muncul di last minute pendaftaran, berbeda dengan Andika yang sudah lama melakukan sosialisasi.

Soal kepuasan terhadap pilihan pasangan calon, Rano ternyata tidak salah memilih Embay sebagai wakilnya. Buktinya, hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat Banten atas pasangan ini mencapai 59,7 persen. Sedangkan tingkat kepuasan untuk pasangan WH-Andika hanya 13,3 persen saja.

Pengamat politik dari Universitas Serang Raya (Unsera) Abdul Malik mengatakan, potensi Haji Embay tidak bisa dipandang remeh.

“Kalau melihat hasil survei ini, artinya kemunculan Haji Embay sebagai wakil petahana di akhir-akhir pendaftaran bukan karena kebetulan. Dari awal potensinya memang tidak bisa dipandang remeh, karena Haji Embay memiliki potensi bagi kemenangan Rano di Pilgub Banten ini,” kata Malik saat dihubungi, Senin (31/10).

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan masyarakat Banten sudah semakin cerdas atas keinginan atas perubahan.

“Survei tingkat kepercayaan cukup tinggi bisa jadi karena Pak Embay track record-nya baik dan tidak cacat politik di mata publik. Pak Embay juga tokoh yang peduli terhadap kemajuan Provinsi Banten,” ujarnya.

Bukan saja karena rekam jejak, lanjut Malik, tingginya angka kesukaan masyarakat terhadap Embay karena dianggap sebagai harapan baru masyarakat untuk membawa Banten lebih baik.

“Ya mungkin masyarakat punya harapan besar terhadap Haji Embay untuk membawa Banten lebih baik lagi,” ujarnya. (Ctr)

BACA JUGA:

  1. Ketua DPD II Golkar Cilegon Tak Jamin Perolehan Suara WH Andika
  2. Diduga Lakukan Konsolidasi Politik di Penjara, Adik Atut Dipindahkan
  3. Salam Dua Jari Sudah Ngetop Sampai Papua
  4. Rano Karno -Embay Dapat Nomor Urut 2, Relawan Pekikan Salam Dua Jari
  5. Nomor Paslon Cagub Banten Wahidin-Andika 1, Rano Karno-Embay Mulya 2
#Pilkada Serentak #Pilgub Banten 2017 #Rano Karno-Embay Mulya
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan