Eksklusif: Gita Gutawa Bicara Soal Gita Puja Indonesia (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Sebagai seorang musisi Gita Gutawa memang cukup idealis. Rasa kecintaannya yang begitu tinggi kepada tanah air membuat putri dari komponis Erwin Gutawa ini selalu menanamkan nilai nasionalisme di hampir seluruh project musik yang dijalani.

Salah satunya adalah project di tahun 2017 yang bernama Gita Puja Indonesia. Mau tahu apa itu Gita Puja Indonesia? Yuks, simak wawancara merahputih.com bersama gadis kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1993 ini.

Apa sih Gita Puja Indonesia itu?

Selama kemarin belajar aku menyadari kalau sayang banget lagu Indonesia kita tidak diangkat dan aku juga melihat fenomena yang lucu. Kita punya banyak banget lagu nasional, kalau aku melihat di Inggris itu tidak banyak. Aku pengen menonjolkan itu sih, makanya di situ aku pikir pengen lagi ngerekam lagu nasional dan tidak berhenti di situ saja. Jadi caranya selalu sambil merayakan hari nasional.

Kenapa Anda memilih nama Gita Puja Indonesia?

Sebenarnya memilih tema Gita Puja Indonesia itu bukan gara-gara nama aku Gita. Ini lucu saja bisa namanya Gita juga. Tapi gita itu arti kata lain dari hymne, jadi yang aku pilih itu lagu-lagi hymnenya Indonesia

Nantinya akan dibuat album?

Kemungkinan besar sih akan ada kompilasi albumnya. Tapi kalau sekarang karena pecahannya hari besar aku masih ngeluarin digital saja tiap lagu.

(Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Ada berapa lagu di Gita Puja Indonesia?

Ada banyak, hahaha. Cuma aku masih pilih dulu. Kebetulan kalau Gita Puja Indonesia sebenernya project aku sama papah.

Apa ingin menggaet musisi lain di project ini?

Hmm, belum kepikiran sih. Tapi so far masih sendiri, paling sama papah. Ada beberapa orkestra yang direkam di Praha dan di Bulgaria juga.

Kenapa Anda selalu membuat project yang membangkitkan semangat nasionalisme?

Memang setelah aku kuliah aku merasa kayaknya aku enggak bisa memikirkan yang komersil saja, mungkin agak idealis. Saat ini memang pikirannya bukan jualan tapi aku consern. Waktu itu aku membaca artikel kalau lagu kebangsaan kita sebenarnya sangat berpengaruh pada era kebangkitan untuk membantu menyebarkan paham nasionalisme, menyebarkan bahasa Indonesia.

Apa karena diajarkan orang tua juga?

Mungkin ada sedikit, tapi lama-lama memang passion sendiri sih. Semakin lama aku juga punya sudut pandang sendiri dan background aku juga berpengaruh sih.

Untuk mengikuti berita lainnya Anda bisa baca artikel Lagu-Lagu Populer Ibu Soed Yang Sudah Mulai 'Sayup' Terdengar.



Muchammad Yani