Ekonom Indef: Paket Ekonomi Jokowi Salah Sasaran

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 10 September 2015
Ekonom Indef: Paket Ekonomi Jokowi Salah Sasaran
Presiden Joko Widodo didampingi para menteri Kabinet Kerja saat membacakan paket ekonomi Tahap I September 2015 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (9/9). (Foto Setkab)

MerahPutih, Bisnis-Paket kebijakan ekonomi yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin tidak berdampak banyak pada posisi rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pengamat menilai paket kebijakan ekonomi tersebut salah sasaran.

Ekonom Institute National Development and Financial (INDEF) Aviliani mengatakan Pemerintah lebih mengutamakan sektor produksi, padahal seharusnya lebih fokus pada kebijakan untuk meningkatkan permintaan. Langkah pemerintah ini dinilai percuma karena tidak ada permintaan. 

"Kalau kita kihat kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah saat ini lebih kepada sektor produksi, misalnya mempercepat KUR, itu kan menambah produksi. Tapi itu untuk apa, kalau demandnya saja tidak ada," ujarnya di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX), di JCC, Jakarta, Kamis (10/9).  

Menurut Aviliani yang ditunggu oleh masyarakat saat ini adalah harga-harga kebutuhan bahan pokok yang stabil sehingga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat. 

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan paket kebijakan ekonomi bukan seperti sulap, yang bisa berdampak langsung pada pertumbuhan perekonomian.  

"Sebetulnya yang harus dilakukan saat ini adalah memastikan kebijakan itu dilaksanakan dapat berjalan dengan sesuai," kata Darmin di kantornya. Darmin mengumpulkan sejumlah menteri terkait untuk membahas inpres percepatan proyek pembangunan. Hadir Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laolly, dan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Robert Pakpahan.(rfd)

Baca Juga:

Menteri Darmin Pastikan Presiden Segera Umumkan Paket Kebijakan II

Keluarkan Paket Kebijakan, REI Sumringah

LPS: Paket Deregulasi Bukti Pemerintah Hadir

#Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi-JK
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan