Efek Tidur Ekstra di Pagi Hari (Foto: goodmorningcenter.com)

Karyawan yang bekerja dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB biasanya sudah mulai tidur di pukul 22.00 WIB. Kemudian, bangun di waktu subuh. Setelah itu, sarapan, lalu berangkat ke kantor. Sementara ibu rumah tangga yang sudah tidak lagi bekerja kantoran cenderung memiliki pola yang berbeda. Setelah suami berangkat ke kantor dan anak pergi ke sekolah, beberapa ibu rumah tangga memilih tidur kembali di pagi hari.

Setelah seharian beraktivitas, manusia memang butuh tidur. Tidur akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar untuk memulai aktivitas fisik setelah terjaga dari tidur. Sementara waktunya, sebagaimana dikatakan dokter, tergantung pada kebutuhan optimal masing-masing individu. "Setiap individu berbeda-beda dalam hal ini. Rata-rata, untuk manusia dewasa, ada di rentang 6-9 jam," papar dr. Sundarto.

Sahabat Merahputih pernah melakukan tidur ekstra di pagi hari? Menurut dr. Sundarto, tidur ekstra diperlukan bila Sahabat Merahputih kurang tidur pada malam sebelumnya. Namun, bila telah tidur malam dengan kualitas dan durasi yang cukup, ia tidak menganjurkan Sahabat Merahputih menambah waktu tidur di pagi hari. Lagipula, tidur lebih dari sembilan jam sehari dapat menyebabkan gangguan-gangguan berikut ini.

Tidur ekstra di pagi hari (Foto: http://cdn-r1.unilad.co.uk)

1. Lemas

Ketika Sahabat Merahputih tidur secara berlebihan, otak secara refleks memulai kembali siklus tidurnya dari nol dan akhirnya Anda akan bangun dalam "kondisi kurang tidur" setelah terbangun dari jam tidur ekstra yang kurang dari 6 hingga 9 jam. Akibatnya, Sahabat Merahputih akan merasa lemas atau kurang bugar.

2. Pusing atau nyeri kepala

Gangguan ini juga biasanya terjadi ketika Sahabat Merahputih bangun dari tidur ekstra. Kepala terasa berat. Penyebabnya sama dengan rasa lemas yang muncul saat Anda menambah waktu tidur di pagi hari.

3. Nyeri punggung

Bukan hanya kepala yang terasa sakit, tapi punggung juga bisa nyeri saat Sahabat Merahputih bangun dari tidur ekstra.

4. Perubahan suasana hati

Pernah merasakan adanya perubahan suasana hati atau mood swing setelah tidur lebih dari sembilan jam sehari? Ya, gangguan ini biasanya muncul bila Anda kelebihan tidur.

5. Obesitas

Jika tidur ekstra rutin dilakukan setiap hari dalam periode waktu lama, Sahabat Merahputih dapat mengalami obesitas. Duh, padahal perempuan anti sekali mendengar kata obesitas, ya.

6. Diabetes melitus

Gangguan terberat yang berisiko muncul bila Anda melakukan tidur ekstra di pagi hari dalam jangka waktu lama ialah diabetes melitus. Daripada terkena penyakit ini, Sahabat Merahputih lebih baik menghentikan kebiasaan menambah waktu tidur di pagi hari!



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE