Dua Metode ini Digunakan untuk Angkat Ekor QZ8501

Adinda NurrizkiAdinda Nurrizki - Jumat, 09 Januari 2015
Dua Metode ini Digunakan untuk Angkat Ekor QZ8501
Basarnas akan menggunakan metode floating balloon dan crane untuk angkat ekor AirAsia QZ8501 (Sumber Foto: AsiaOne)

MerahPutih Nasional - Kepala Badan Sar Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Soelistyo mengatakan akan menggunakan kombinasi dua metode untuk mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501. Kepala Basarnas Soelistyo mengatakan bahwa dua metode itu adalah floating balon yang digabungkan dengan crane agar ekor tidak rusak, karena pihaknya mengasumsikan black box masih berada di dalam ekor tersebut.

"Yang dilaksanakan oleh tim penyelam sedang dalam proses mengikat ekor. Yang kemudian akan diupayakan dua cara, floating ballon dan crane. Diharapkan bagian ekor tidak rusak. Asumsi kita black box ada di bagian ekor," katanya saat jumpa pers di kantor Basarnas Jakarta, Jumat (9/1).

BACA JUGA: AirAsia tidak Taat, Penumpang jadi Korban

Selain itu, Soelistyo menambahkan pada operasi pencarian hari ke-13 ini, selain fokus pada area ditemukannya ekor pesawat atau area redbox, pihaknya juga mengatakan beberapa sektor area seperti yellow box II dan III masih menjadi prioritas timnya.

“Kegiatan hari ini prioritas kita ada di area prioritas tambahan ke dua, yang saat ini memiliki banyak unsur dinamika, dimana ada upaya pengangkatan ekor yang dilakukan dengan mengikat bagian ekor tersebut dengan strap,” katanya.

Menurut Soelistyo sejumlah kapal-kapal yang memiliki kecanggihan untuk mendeteksi benda-benda bawah laut tetap dioperasikan pada area red box atau area prioritas.

“Namun demikian kapal-kapal yang lain yang memiliki kemampuan pencarian keberadaan obyek yang berada di bawah permukaan laut tetap melakukan operasi pencarian pada red box,” katanya. (hur)

 

Follow Twitter Kami di @MerahPutihCom

Like Juga Fanpage Kami di MerahPutihCom

#Kecelakaan Pesawat #AirAsia #AirAsia QZ8501 #Pencarian AirAsia QZ8501 #Basarnas
Bagikan
Ditulis Oleh

Adinda Nurrizki

Bagikan