DPRD Dukung Rencanakan Pembangunan Jembatan Palu Perbaikan jembatan di Jalan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/4). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ketua DPRD Kota Palu, Iqbal Andi Maga mendukung rencana Pemerintah Kota Palu membangun Jembatan V untuk memperlancar arus transportasi antara dua wilayah kota yang dibelah Sungai Palu.

"Pembangunan Jembatan V itu akan mengurangi kemacetan dan memberikan alternatif baru jalur transportasi dari wilayah Palu Barat ke Palu Timur dan sebaliknya," kata Iqbal seperti yang dikutip dari Antaranews, Kamis (20/4).

Rencana pembangunan Jembatan V yang melintasi Sungai Palu dengan panjang sekitar 100 meter tersebut, menurut Igbal sudah harus dilakukan untuk mengantisipasi semakin tingginya laju pertumbuhan arus transportasi di dalam kota.

Meskipun saat ini tingkat kemacetan lalu lintas di Kota Palu belum separah kota besar lain di Indonesia, namun langkah-langkah antisipasi seperti itu sudah harus dimulai karena kemacetan sudah kian terasa.

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, empat jembatan beton dan satu jembatan gantung yang menghubungkan Palu Timur dan Palu Barat saat ini sudah tidak memadai lagi, apalagi otoritas lalu lintas memberlakukan jalur satu arah pada dua jembatan tersebut sehingga tidak efisien bagi pengguna jalan.

"Jangan sampai kemacetan sudah parah baru mau memikirkan langkah penanganan, yang kelabakan nanti pemerintah sendiri untuk mengurai kemacetan itu," tandasnya.

Jembatan Palu V rencananya dibangun dari Jalan Anoa II Kelurahan Tatura, Kecamatan Palu Selatan ke Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE