DPR Desak Australia Tangkap dan Adili Pengibar Bendera OPM di KJRI Melbourne Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan

MerahPutih Indonesia- Insiden penerobosan dan pengibaran bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne, Australia, beberapa waktu lalu, mengundang protes keras wakil rakyat di Senayan.

Atas insiden tersebut, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta pemerintah Australia mengusut tuntas oknum pria tidak dikenal yang telah menerobos dan mengibarkan bendera Papua Barat di atap gedung KJRI.

“Apakah faktor kelalaian atau persoalan sekuriti kurang ketat di KJRI, karena sama saja melecehkan Indonesia,” tegasnya, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/1).

Ia pun mengingatkan agar jangan sampai ada pihak yang memanfaatkan situasi hubungan Indonesia - Australia yang sedang tegang.

"Sebisa mungkin jika ada seperti itu jangan jadi aksi provokatif di sela hubungan Australia dan Indonesia yang sedang menghangat. Internal kita harus lakukan action plan agar hal ini tak terjadi lagi," imbuh politisi PAN tersebut.

Seperti diketahui, peristiwa pengibaran bendera OPM itu terjadi saat sebagian besar staf KJRI melaksanakan salat Jumat. Pelaku teridikasi sebagai warga setempat.

Aksi penyusupan itu tampak sengaja direkam oleh rekannya dan sengaja diedarkan ke publik. Pemerintah Indonesia telah menyampaikan protes kepada Australia terkait aksi yang menginjak kedaulatan negara itu dan meminta pelakunya yang sudah berbuat kriminal itu dihukum.

Hiruk pikuk hubungan Indonesia-Australia berawal dari berita ini: Ini Penghinaan Tentara Australia yang Bikin Panglima TNI Geram


Tags Artikel Ini

Fadhli

LAINNYA DARI MERAH PUTIH