Dongeng Anak Perempuan: Bukan Lagi tentang Putri "Good Night Stories for Rebel Girls", buku dongeng anti-mainstream untuk anak perempuan. (Foto: www.likenomads.com)

Sadarkah Anda, bahwa dalam semua dongeng anak-anak, tokoh perempuannya pasti menjadi seorang putri? Semua kisah klasik ini menginspirasi anak-anak, khususnya perempuan, untuk bercita-cita menjadi seorang putri—bertemu pangeran tampan, menikah, dan hidup bahagia selamanya. Namun, bagaimana dengan cita-cita yang lain: koki, pengacara, dan seniman, misalnya?

Nah, hal inilah yang dikritisi oleh Elena Favilli dan Francesca Cavallo, penulis dari buku "Good Night Stories for Rebel Girls (100 Tales of Extraordinary Women)". Buku ini memuat kisah hidup dan petualangan 100 perempuan hebat dengan berbagai profesi dari seluruh dunia, yang bisa jadi berbeda arah dari dongeng-dongeng 'konservatif' selama ini.

Berbagai kisah inspiratif mengenai profesi para perempuan hebat ada dalam buku dongeng anak-anak ini, dari astronot, arsitek, hingga teknisi. Uniknya lagi, ilustrasi yang ada dalam "Good Night Stories for Rebel Girls" ini dibuat oleh 100 ilustrator perempuan, lho!

Penerbitnya, Timbuktu Labs Inc., telah membuat 12 aplikasi mobile, 6 buku, dan alat permainan untuk komunitas-komunitas bisa membuat tempat bermain mereka sendiri. Sebanyak 20 juta anak dari 20 negara sudah 'bermain' dengan produk mereka ini, dengan harapan dapat menginspirasi anak untuk lebih kuat dan bebas.

Buku yang diterbitkan pertama kali pada 1 Desember 2016 ini 'merayakan' keteguhan, rasa belas kasihan, seni bertanya, serta keteguhan untuk mencoba, gagal, dan bangkit lagi. Buku ini dijual dengan harga $35, atau Rp455 ribu, dan bisa dibeli secara online di website resmi mereka maupun di Amazon.

"Buku ini mendorong perempuan muda dengan cerita-cerita perempuan yang tidak biasa, dan bisa mengubah dunia dalam aspek apa pun. Ini adalah buku yang seharusnya kita miliki sewaktu kita kecil," ujar Francesca Cavallo.

Mulai saat ini, tanamkanlah inspirasi kepada anak perempuan Anda, bahwa mereka dapat menjadi seseorang yang mereka inginkan bila mereka terus berusaha, tanpa kenal menyerah.

Baca juga artikel inspiratif tentang perempuan lainnya di Wah, Perempuan Ini Buat Gambar dari Rambutnya.


Tags Artikel Ini

Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE