Djarot Sebut Fluktuasi Harga Daging Ayam Ulah Kartel Djarot Saiful Hidayat di Pasar Kedip, Jakarta. (ANTARA FOTO/ Atika Fauziyyah)

Calon wakil gubernur DKI Jakarta petahana Djarot Saiful Hidayat mengunjungi pedagang ayam Pasar Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/3). Kunjungan itu untuk mengecek langsung harga daging ayam yang fluktiatif belakangan ini.

Djarot juga sempat berdiskusi dengan para pengusaha ayam, salah satunya Agus. Kepada Djarot, Agus mengeluhkan harga ayam yang menurutnya sangat fluktuatif.

Djarot mengatakan, dirinya sangat prihatin mendengar keluhan para pengusaha ayam atas harga ayam yang selalu fluktuatif. Ia berjanji akan menyampaikan keluhan para pengusaha ayam kepada Kementerian Pertanian.

"Kita sudah meminta Kementerian Pertanian supaya mengatur harga batas bawah," kata Djarot saat berdialog dengan warga pedagang Pasar Pulogadung.

Djarot menambahkan bahwa yang dimaksudnya dengan harga bawah yakni menentukan harga minimal, sehingga permainan harga oleh oknum dapat ditekan semurah mungkin.

"Misalnya batas bawahnya terendahnya, misal Rp15.000 per kilogram (ayam) hidup," tuturnya.

Djarot juga menduga harga fluktuasi harga disebabkan oleh kartel. Mereka memainkan harga di pasar sehingga harga ayam jadi tidak menentu.

"Saya menduga adanya permainan di harga daging yang dilakukan oleh kartel. Sehingga harga tidak stabil jadi kita susah nentuin harga," jelasnya.

Menurut Djarot, segala upaya dilakukan untuk menstabilkan harga tersebut. Dirinya juga berjanji, setelah serah terima jabatan tanggal 15 April nanti, akan segera mengupayakan hal tersebut.

"Ini masih jadi PR kita untuk menstabilkan harga ayam. Ke depannya kami ingin semua harga dapat dikontrol," pungkasnya. (Abi)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH