Djarot: Peci Simbol Nasionalisme

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 24 Maret 2017
Djarot: Peci Simbol Nasionalisme
Djarot Saiful Hidayat saat kampanye di Pesanggrahan, Pademangan III, Jakarta Utara. (MP/John Abimanyu)

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menggunakan peci pada foto di surat suara di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta. Mengenai peci ini, mantan Wali Kota Blitar selama dua periode ini mengatakan peci adalah simbol nasionalisme.

"Jadi ini adalah simbol dari nasionalisme, inilah sebetulnya yang dipopulerkan bung Karno," kata Djarot di kawasan Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/3).

Djarot mengungkapkan, Bung Karno lah yang mempopulerkan pakai kopiah dalam keseharian.

"Ingat loh saya itu dikenal dengan juru kuncinya makam Bung Karno di Blitar 10 tahun dan semua tahu, dan Bung Karno yang mempopulerkan pakai kopiah, kalau orang Jawa Timur namanya kopiah kalau sini bilangnya peci," jelasnya.

Lebih lanjut, Djarot mengaku alasan kenyaman lebih utama saat dirinya memakai peci. Selain, alasan terinspirasi tokoh Proklamator tersebut.

"Nyaman saja, nyaman pakai peci dan saya teringat terinspirasi ketika ziarah ke makam orang tua dan makam Bung Karno," ujarnya.

Dia menuturkan dirinya juga pernah memakai peci pada saat Pilkada 2005 di Blitar, Jawa Timur.

"Tidak apa-apa saya niru Bung Karno tidak apa-apa, niru Bung Karno katanya dipuji ya terima kasih, dipuji dikritik juga terima kasih," ujarnya.

# Djarot Syaiful Hidayat #Pilgub DKI 2017 #Peci Djarot #Kopiah Djarot #Bung Karno
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan