Direktur API: Oesman Sapta Odang Seorang Negarawan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 27 Desember 2016
Direktur API: Oesman Sapta Odang Seorang Negarawan
Oesman Sapta Odang. (Foto: mpr.go.id)

MerahPutih Indonesia - Terpilihnya Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (Oso) menjadi Ketua Umum Hanura menggantikan Wiranto yang mundur sebagai ketua umum, mendapat apresiasi positif berbagai kalangan. Respon positif ini tidak terlepas dari kepribadian dan sosok OSO di kaca politik nasional saat ini.

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (API) Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, Oesman Sapto bukan saja seorang politisi dan pembisnis sukses tapi juga seorang tokoh negarawan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Kenegarawanan yang dimilikinya dapat dilihat dari rekam jejak Oso yang terus menerus memperkuat dan menyuarakan pikiran nasionalis, NKRI, dan kebhinnekaan.

"Saya mengamati selama ini, Pak Oso itu salah satu tokoh bangsa. Beliau tidak saja seorang pembisnis dan politisi tapi juga seorang negarawan sejati. Beliau kerap menyuarakan NKRI, kebhinekaan, dan pikiran-pikiran nasionalisnya untuk bangsa ini," kata Ramses kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/12).

Menurut pria yang biasa disapa Ramses itu, ada begitu banyak politisi di negeri ini namun tidak nampak sikap sebagai negarawan mereka. Bangsa Indonesia semakin kuat jika banyak tokoh-tokoh nasional yang berpikir negarawanan bukan berpikir sempit untuk kepentingan kelompok dan golongan.

Dosen Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana itu menambahkan, sosok Oso bisa diterima semua kalangan karena memiliki cara berpikir nasionalis dan menunjukan kualitas dirinya sebagai seorang negarawan.

"Bangsa ini kehilangan tokoh negarawan yang dapat memperkuat nilai-nilai perbedaan. Kemunculan wakil Ketua MPR itu di kursi ketua umum partai diharapkan mampu melakukan konsolidasi lintas partai dalam rangka memperkuat semangat kebhinnekaan," tandasnya.

#Oesman Sapta Odang #Politikus Hanura
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan