Didi Mahardika Layangkan Somasi ke Produser Film Soedirman

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 09 September 2015
Didi Mahardika Layangkan Somasi ke Produser Film Soedirman
Didi Mahardika (mengangkat kertas) ditemani kuasa hukumnya saat konferensi pers tentang somasi kepada tim film Jenderal Soedirman, di Universitas Bung Karno, Cikini, Jakarta, Selasa (8/9). (Foto: MP/R

MerahPutih Cinema – Anggota DPR RI Didi Mahardika, yang juga cucu Presiden RI pertama Soekarno, melayangkan somasi kepada tim film ‘Jenderal Soedirman’. Didi menilai, film 'Jenderal Soedirman' sudah menyimpangkan dari sejarah sebenarnya tentang Jenderal Soedirman.

Didi Mahardika menyampaikan kepada Sekar Ayu, produser film 'Jenderal Soedirman', pertama menghentikan penayangan film tersebut, kedua menyatakan permintaan maaf secara tertulis tentang adegan film 'Jenderal Soedirman' yang menyimpang dari fakta sejarah, dan ketiga somasi akan ditindaklanjuti bila tidak ada jawaban dalam waktu dekat.

“Somasi tertulis dan terbuka ditunjukan kepada produser dan sutradara. Kita tunggu dalam waktu 7 hari untuk niat baik mereka," tegas Didi yang ditemani kuasa hukum saat konferensi pers, di Universitas Bung Karno, Cikini, Jakarta, Selasa (8/9).

Didi Mahardika mengatakan, keberatan yang diajukan bukan berarti ia tidak mengapresiasi film dalam negeri apalagi film yang berlatar belakang sejarah. Namun, film yang diangkat mesti berdasarkan data yang benar jika itu berhubungan dengan sejarah, apalagi mengangkat tokoh nasional.

"Saya hanya mempertanyakan apa nilai dan visi film tersebut. Kita mau merevisi dan mengkaji ulang. Saya takut generasi yang berikutnya bingung dan (film) menyesatkan. Walau begitu, kami mengapresiasi pengangkatan sejarah Jenderal Soedirman menjadi sebuah film," ungkap Didi Mahardika.

Didi Mahardika mengatakan, kekhawatiran itu tidak berlebihan. Ia sangat khawatir dengan pengetahuan sejarah generasi penerus setelah menonton film 'Jenderal Sudirman'. Jika penonton tidak tahu, maka akan mengambil hal salah itu sebagai sebuah kebenaran sejarah.

"Kita saja tahu bahwa sejarah yang benar saja masih diragukan, apalagi bila yang benar-benar salah. Pendidikan kita takut teracuni," kata Didi (rky)

 

Baca Juga:

Dianggap Membahayakan, Film Jenderal Soedirman Dapat Kritik dari Anggota DPR

Ini Beberapa Adegan Penyebab Film Jenderal Soedirman Dianggap Kontroversial

Riset Satu Tahun, Sutradara Yakin Film Jenderal Soedirman Sesuai Fakta

 

 

#Didi Mahardika #Kontroversi Film Jenderal Soedirman #Film Jenderal Soedirman
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan