Demi Menyambung Hidup Pedagang Asongan Rela Diupah 500 Perak Pria Paruh Baya Pedagang Asongan (Facebook)

Jika Sahabat MP melewati pertigaan terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dipinggir jalan tampak seorang penjual asongan. Usianya sekitar 50 tahunan, duduk sambil memajang asongannya.

Pria paruh baya ini menarik perhatian netizen melalui status facebook Embe Pecintakopisejati Paserminggoe. Sang pemilik akun memaparkan keadaan yang sebenarnya terjadi.

Seperti biasa sang pemilik akun facebook melakukan rutinitas sehari-harinya untuk menjemput istri di pertigaan terminal Pasar Minggu. Setiap hari itu pula ia melihat seseorang yang duduk dengan barang dagangannya sambil corat-coret koran.



Tak ada yang aneh dengan penjual tersebut sebelum Embe membeli sebungkus rokok. Setelah ia menyodorkan uang, penjual tersebut tak langsung mengambil rokok yang ada dihadapannya malah pergi ke toko seberang.

Embe kesal karena menunggu lama. Secara tiba-tiba ada pedagang asongan lain yang menghampiri Embe dan mengatakan "Bang, dia mah jualan enggak ada rokoknya."

Hari berlalu dan Embe semakin penasaran kenapa penjual rokok tetapi tidak memiliki barang dagangan. Ia sengaja membeli setengah bungkus rokok ke pedagang itu lagi.

Hingga akhirnya ia mengetahui barang dagangan yang ada dihadapan pedagang tersebut kosong. Semua rokok yang terhilat hanyalah bungkusnya saja.

"Ternyata dia hanya ambil untung 500 perak setiap saya beli rokok ke dia,dan dia beli di warung seberang,ibarat kata dia terima upah beliin rokok,mau tau bungkus rokok yng ada di dagangan dia, semua kosong," tulis Embe Pecintakopisejati Paserminggoe pada akun facebooknya.


Dari cerita Embe Pecintakopisejati Paserminggoe kita bisa memetik hikmah bahwa himpitan ekonomi tak jarang membuat seseorang memilih menjadi pengemis atau malah terjun ke dunia hitam. Namun hal tersebut tidak terjadi pada bapak penjual rokok asongan yang selalu mangkal di pertigaan terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bagi Sahabat MP yang kebetulan melewati pertigaan terminal Pasar Minggu jangan lupa beli dagangan pria paruh baya ini ya.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH