Curug Cipeuteuy, Primadona Wisata Alam Favorit di Majalengka

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Kamis, 09 Maret 2017
Curug Cipeuteuy, Primadona Wisata Alam Favorit di Majalengka
Indahnya panorama Curug Cipeuteuy. (MP/Mauritz)

Wisata alam masih menjadi andalan pariwisata Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, baik itu wisata danau maupun situs, atau air terjun yang dalam bahasa sunda disebut curug.

Ada beberapa curug yang saat ini sangat popular di kalangan para pengguna media sosial, salah satunya adalah Curug Cipeuteuy. Curug Cipeuteuy terletak di Blok Pasir, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi.

Sepanjang perjalanan menuju Curug Cipeteuy, pengunjung akan disambut dengan hamparan lahan persawahan yang luas. Kesejukan berlanjut ketika berada di pintu masuk Curug Cipeuteuy. Pohon - pohon pinus tinggi menjulang menaungi lokasi tersebut. Di kawasan ini, ratusan jenis burung akan menyambut dengan kicaunya yang merdu, dan berpadu dengan suara aliran air yang tenang.

Selain memiliki panorama yang asri, curug ini juga memiliki air yang jernih dan juga dingin. Curug ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 5 meter saja. Nmun dengan panorama dan air yang jernih menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Air jernih dan segar dari Curug Cipeteuy ini sengaja di bendung atau dibuat semacam kolam, agar pengunjung dapat bermain air atau berenang.

Fasilitas lain untuk penunjang wisatawan yang hadir adalah saung (gazebo), tempat duduk, toilet, serta tempat parkir. Hanya saja tempat parkir yang tersedia lebih untuk kendaraan roda dua, sedangkan untuk roda empat masih sangat terbatas.

Ada beberapa alternatif untuk mencapai lokasi ini. Yang paling mudah adalah menggunakan sepeda motor dari Cirebon. Jarak waktu tempuh ke lokasi yang memakan waktu sekitar 1 jam. Namun pengunjung harus berhati-hati, karena jalanan yang dihadapi cukup menanjak, curam dan berkelok. Jalan menuju ke sana tidak sepenuhnya aspal, tetapi ada bebatuan dan tanah merah sehingga kondisi kendaraan harus benar-benar prima.

Tertarik untuk berkunjung ke Curug Cipeuteuy? Tidak ada salahnya menikmati panorama curug ini diakhir pekan Anda. Selamat berwisata.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilyah Cirebon dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel tentang obyek wisata lainnya, baca juga: MUI Dukung Pantai Syariah Banyuwangi

#Wisata Majalengka #Curug Putri Pelangi #Curug Goa Lumut
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan