Cita-Cita KH Hasyim Muzadi Sebelum Meninggal KH Hasyim Muzadi (antara)

Sebelum meninggal, KH Hasyim Muzadi ingin menjadikan Pondok Pesantren Al Hikam sebagai tempat pencetak hafiz Alquran yang juga memahami ilmu umum lainnya.

Ahmad Sodiq sebagai kerabat dan juga pengurus di Pondok Pesantren Al Hikam menceritakan bahwa keinginan KH Hasyim Muzadi mendirikan pondok pesantren itu agar orang-orang yang mempunyai ilmu pengetahuan umum juga mendapat ilmu agama.

Sodiq merasa perjuangan itu belum selesai, ia bersama pengurus lainnya akan melanjutkan cita-cita ,antan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu untuk mengembangkan Pondok Pesantren ini.

"Kami (Pengurus Al-Hikam) akan meneruskan keinginan Bapak KH Hasyim Muzadi untuk terus mengembangkan pesantren ini," katanya, Depok, Kamis (16/3).

Sebelumnya, KH Hasyim Muzadi menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di Malang, Jawa Timur tadi pagi sekira pukul 6.15 WIB. Sebelumnya, KH Hasyim Muzadi sempat dirawat di RS Lavalette selama 10 hari.

Setelah itu, KH Hasyim Muzadi diizinkan pulang ke rumahnya. Presiden Joko Widodo sempat menjenguk dan mendoakan kesembuhan beliau. (Ard)



Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH