Chef Marinka Ingin Tekuni Tari Jaipongan Chef Manrinka (MP/Irene Gianov)

Meskipun saat ini tengah konsentrasi menggeluti dunia masak-memasak, sebagai seorang chef, Maria Irene Susanto atau lebih dikenal dengan sebutan Chef Marinka atau tidak meninggalkan dunia seni. Karena, menurut wanita cantik yang pernah bercita-cita menjadi pelukis ini, seni juga mempengaruhi dunia chef yang saat ini ia geluti.

"Pelajaran seninya lumayan berpengaruh, karena masakan sendiri tuh adalah seni. Maksudnya dari segi rasanya juga, penampilannya juga, itu seni gitu. Jadi, apalagi plating buat aku penting banget, ga cuma enak di lidah tapi juga enak di mata," ujar Chef Marinka kepada wartawan merahputih.com Irene Gianov.

Ia juga mengakui, pernah mencoba bermain-main dengan dunia fashion. Namun saat ini ia lebih konsentrasi dengan dunia masak-memasak, serta berbagai program yang sudah ia buat bersama-sama dengan sponsor.

"Aku bikin fashion juga sih, tapi kayaknya lagi stop dulu sekarang. Kemaren sempet bikin brand, line bag. Cuma sekarang udah stop karena keteteran soalnya. Pengen bikin line baju sih someday," katanya.

Bicara labih jauh soal seni, Chef Marinka yang juga akrab dipanggil Rinrin Marinka ini mengaku sangat kagum dengan kekayaan seni yang dimilki oleh Indonesia. Bahkan, saat masih kecil ia juga pernah belajar menari, yaitu tari Bali.

Namun saat ia menceritakan masa kecilnya ketika memulai belajar menari, Rinrin Marinka sebenarnya ingin sekali menari balet. Tetapi orang tuanya lebih menghendakinya untuk menari Bali. Namun setelah dewasa, justru tarian tradisional inilah yang membuat Rinrin Marinka semakin 'kesengsem' dengan seni tradisional Indonesia seperti tari saman dari Aceh, atau tari jaipongan dari Jawa Barat.

"Indonesia tuh banyak banget ya tentang kesenian. Dari kemaren aku tuh lagi mikir waktu masih kecil aku belajarnya nari Bali kan. Pengennya sih balet ya, karena aku dipaksa nyokap jadi Bali. Dikibulin kali ya, ini sama Bali sama balet, waktu masih kecil. Udah gitu pas gede aku sih pengennya narinya yang lebih sensual sih. Indonesia yang lebih keren sih. Tarian Aceh dulu ada yang keren banget, pas masih umur berapa belas tahun tuh. Tarian Aceh yang...Oh, iya tari saman! Tapi kayaknya sekarang semakin dewasa pengennya yang jaipong. Itu kayak perlu dipelihara gitu, kayak Nyi Ronggeng tuh tariannya apa? Jaipong kan? Ya, gitu, pengen something yang kayak gitu sih, kayaknya lebih ‘gue’ gitu," papar Rinrin Marinka. (Irene)



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH