Cerita Akhir Zaman Pengaruhi Calon Teroris

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 08 April 2017
Cerita Akhir Zaman Pengaruhi Calon Teroris
Ilustrasi Teroris. (MP/ Rizki Fitrianto)

Selain cerita tentang surga, cerita akhir zaman yang dijadikan dasar doktrinisasi pelaku teror, tak ayal memengaruhi para calon teroris yang tersebar cepat di Indonesia. Sel-sel jaringan terorisme ISIS di Indonesia menyebarkan pahamnya dengan menanamkan pemahaman bahwa pada masa sekarang dunia sudah memasuki era akhir zaman.

"Sudah lama para jihadis percaya saat ini adalah akhir zaman. Pandangan tentang akhir zaman ini dicampur dengan paham takfiri," kata peneliti dari Pusat Kajian Terorisme dan Konflik Sosial, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Solahudin dalam acara bertajuk Penguatan Perspektif Korban dalam Peliputan Isu Terorisme Bagi Insan Media, di Jakarta, Jumat (7/4).

Menurutnya, para calon pelaku teror yang hendak direkrut dibuat untuk percaya bahwa Suriah adalah tempat yang diberkati pada akhir zaman. Para calon pelaku akhirnya percaya karena melihat hal itu sesuai dengan ayat-ayat di Alquran dan hadist bahwa di Suriah akan terjadi peperangan seperti yang terjadi saat ini.

"Selain itu dikatakan bahwa di akhir zaman akan berdiri khilafah. Nah, ISIS mengklaim sebagai khilafah minhaju alal nubuwah," katanya.

Para calon pelaku teror juga dibuat yakin bahwa di akhir zaman, manusia terbagi menjadi dua kelompok yang saling berlawanan, kelompok yang baik yakni pengikut Imam Mahdi dan kelompok yang jahat yakni pengikut Dajjal. Menurut Solahudin, kisah itulah yang ditanamkan ke pikiran calon pelaku teror oleh para pengikut ISIS untuk merekrut orang-orang baru di Indonesia.

Solahudin memperkirakan gerakan bawah tanah terorisme di Indonesia masih terus berjalan. Kendati demikian, mereka melakukannya secara individu.

Sumber: ANTARA

#ISIS #Teroris #Terorisme #Makar
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan