Cari Rizieq, Mabes Polri Siap Minta Bantuan Interpol Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. (Foto MP/Rina Garmina)

Polda Metro Jaya tengah berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk meminta permohonan mengirimkan blue notice dari NCB Interpol Indonesia ke kantor pusat Interpol di Lyon, Prancis terhadap Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

"Blue notice itu untuk minta bantuan negara-negara Interpol untuk mencari keberadaan seseorang dan aktivitasnya. Itu tidak harus tersangka, seseorang yang dicurigai bisa mengirim blue notice ke Interpol," ujar Kadivhumas Polri, Irjen Setyo Wasisto saat dihubungi, Rabu (17/5).

Mabes sendiri masih menunggu penyidik Polda Metro Jaya yang menangani kasus yang menyeret Rizieq apakah akan meminta Mabes Polri untuk mengirimkan blue notice.

"Kalau penyidik memerlukan informasi itu mereka pasti mengirim," kata Setyo.

Blue notice sendiri merupakan upaya Interpol mencari keberadaan seseorang di luar negeri. Blue notice bukan untuk menangkap dan membawa seseorang di luar negeri ke negaranya.

Penyidik juga masih akan mempertimbangkan permintaan red notice. Red notice merupakan upaya yang dilakukan interpol untuk lakukan upaya paksa penangkapan dan membawa kembali ke negara yang bersangkutan.

"Dan itu tergantung dari penyidik (mau red notice atau blue notice)," katanya. (Ayp)

Baca juga berita terkait kasus dari Habib Rizieq dalam artikel: Polda Kesulitan Tetapkan Habib Rizieq Tersangka



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE