Cara Mudah Mengajarkan Buah Hati Anda Mengerjakan Tugas-Tugas Rumah Ilustrasi (Foto: Surrey Cleaning Angels)

Terkadang banyak Orangtua saat ini suka lupa mengajari buah hati tentang betapa pentingnya mengerjakan tugas-tugas rumah sedari kecil.

Padahal dengan mengajarkan anak-anak untuk mau megerjakan rumah akan menjadi kebiasaa positif yang sayang berguna untuknya nanti. Pekerjaan rumah Anda juga sebagai orangtua akan lebih ringan jika buah hati Anda mengerti untuk selalu membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika Anda bingung bagaimana cara mengajarinya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar buah hati Anda mulai tertarik untuk belajar mengerjakan rumah.

Membereskan Kamar

Ilustrasi membereskan kamar (bangunsiang.com)

Mengajarkan buah hati Anda untuk mau mulai membereskan rumah, Anda bisa memulainya dengan mengajarkan buah hati Anda agar selalu membereskan kamarnya sendiri setiap pagi. Ajari mereka untuk melipat selimut, merapikan tempat tidur dan menyimpan pakaian kotor pada tempat yang telah Anda siapkan, agar kamar buah hati Anda dapat selalu terlihat rapih dan bersih.

Membersihkan Rumah

Ilustrasi membereskan rumah bersama anak (rumah.com)

Setelah buah hati Anda selesai membereskan kamar tidurnya. Anda bisa meminta buah hati Anda untuk sedikit membantu pekerjaan rumah Anda yang ringan-ringan saja salah satunya membersihkan debu yang menepel pada perabotan rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkannya menyapu dan membersihkan halaman bersama-sama. Hal itu juga selain menanamkan kebiasaan positif pada anak, hubungan Anda dengan buah hati Anda pun akan lebih dekat dan akrab.

Mencuci Piring

Meskipun sedikit beresiko jika mengajarkan buah hati Anda untuk membantu Anda mencuci piring, namun itu menjadi salah satu tugas yang wajib Anda ajarkan pada buah hati Anda. Mulailah dengan meminta si kecil untuk membantu Anda mengelap setiap piring, gelas dan sendok yang telah Anda cuci agar cepat kering. Perlahan setelah ia mulai terbiasa dengan pekerjaan tersebut barulah Anda mulai mengajarknya untuk bisa mencuci piring.

Semua pekerjaan rumahdi atas memang menjadi hal yang wajib Anda ajarkan pada buah hati Anda. Sehingga ketika mereka dewasa nanti, mereka tidak akan malas dan sungkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Lihat tips menarik lainnya yang bisa Anda cari tahu di sini: 5 Tips Tetap Tampil Cantik Dan Segar Di Saat Lembur.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE