Buwas Paparkan Rahasia Gedung Bareskrim Baru Budi Waseso di Jakarta, Senin (14/9). (MP/Bartolomeus Papu)

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso memaparkan rahasia terkait pembangunan gedung baru Bareskrim Polri yang direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2018.

Saat menjabat Kabareskrim, Jenderal Bintang Tiga itulah yang pertama kali mengajukan agar Bareskrim punya gedung baru. Dibantu Asrena Kapolri saat itu, Irjen Tito Karnavian dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Buwas akhirnya dapat mewujudkan impiannya sebelum akhirnya digeser jadi Kepala BNN.

Gedung sebanyak 17 lantai yang akan digunakan Kabareskrim Komjen Ari Dono dan jajarannya tahun depan juga tak lepas dari pemikiran Buwas. Buwas mempunyai filosofi dan pemikiran yang sangat jauh ke depan mengenai gedung Bareskrim bernilai Rp600 miliar itu.

"Lantainya 17. Angka 17 itu bukan ngarang-ngarang, tapi perhitungan 20 tahun ke depan dengan segala pertimbangan kita saat itu, desainnya," kata Buwas di Mabes Polri, Kamis (20/4).

Tak hanya itu, banyak hal-hal lain di balik angka 17 yang ada di kepala Buwas saat itu. Buwas ingin gedung itu berlantai 17, tak ada tawar-menawar.

"Angka 17 itu kalau 1+7 jadi 8. Kalau 8 di cina hoki karena ga putus. Jadi mudah mudahan ga putus. Mudah-mudahan saat itu akhirnya memperlancar perencanaan pembangunan," kata Buwas.

Mantan Kadiv Propam itu juga mengucapkan terima kasih kepada Tito, Budi Gunawan serta pihak lain yang mau merealisasikan idenya.

"Kalau seandainya asrenanya bukan Pak Kapolri sekarang mungkin tidak mudah terealisasi. Tapi karena asrena saat itu terus jadi Kapolri sehingga ini diwujudkan," tandasnya. (Ayp)

Baca berita terkait pembangunan gedung Bareskrim baru di: Bareskrim Bakal Punya Gedung Baru Senilai 600 Miliar



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE