Buntut Gelar Latihan Bela Negara Bareng FPI Dandim Lebak Dicopot Front Pembela Islam dalam sebuah aksi di Jakarta (Ist)

MerahPutih Indonesia- Pelatihan bela negara yang digelar Komando Distrik Militer (Kodim) Lebak, berbuntut pencopotan komandannya, Letkol Czi Ubaidillah.

Pasalnya, dalam pelatihan yang berlangsung 5-6 Janauari 2017 itu melibatkan anggota Front Pembela Islam (FPI) yang diduga tanpa seizin Pimpinan Komando Daerah Militer (Kodam).

"Latihan di Kodim Lebak khususnya di wilayah Koramil Cipanas. Saya sudah melihat itu. Ternyata pelaksanaan latihan bela negara tersebut tidak melalui SOP yang seharusnya dilakukan," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen M Herindra, di Serang, Senin (9/1).

Akibat pelanggaran disiplin tersebut, Letkol Czi Ubaidillah dicopot dari jabatannya dan digantikan Letnan Kolonel ARH Syafa' Susanto.

Letkol ARH Syafa' sebelumnya merupakan Kepala Seksi Teritorial Komando Resor Militer 064 Serang. Syafa' pernah menjabat Danyon Arhanudse-14 Kodam III/ Siliwangi. Dia adalah alumni Akmil 1999.

Sebelumnya, netizen dihebohkan dengan beredarnya foto pelatihan mirip militer yang digelar Kodim Lebak bersama Front Pembela Islam (FPI) di Kabupaten Lebak, Banten. Setelah ditelusuri, foto yang beredar merupakan rangkaian kegiatan bela negara yang melibatkan anggota FPI dan sejumlah ormas lainnya. Rangkaian kegiatan juga diisi dengan penanaman 10.000 batang pohon.

"Perlu juga disampaikan bahwa seluruh kegiatan latihan tersebut bukanlah latihan militer, tetapi latihan bela negara," imbuhnya.

Berita seputar hebohnya FPI dan suasana kenegaraan kita, diulas juga dalam berita Praktisi Hukum Desak Polisi Tindak Habib Rizieq

Kredit : eddyflo


Fadhli

LAINNYA DARI MERAH PUTIH