Irjen Boy Rafli Amar Dirotasi Jadi Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar (Foto Divisi Humas Mabes Polri)

Gerbong Perwira Tinggi (Pati) Mabes Polri kembali bergerak. Kapolri Jenderal Tito Karnavian merombak jabatan sejumlah para petinggi Polri, salah satunya adalah jabatan Kadiv Humas Polri yang saat ini diemban oleh Irjen Boy Rafli Amar.

"Iya, ada telegram hari ini. Perombakan biasa," ujar Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Martinus Sitompul, Selasa (18/4).

Dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Jenderal Tito Karnavian nomor ST/1034/IV/2017 tertanggal 18 April 2017 yang ditandatangani oleh Kepala SDM Polri, Irjen Arief Sulistyanto, bahwa Boy Rafli Amar akan digantikan oleh Wakabaintelkan Polri, Irjen Setyo Wasisto.

Di Polda Papua, Boy akan kembali berduet dengan mantan anak buahnya yaitu Brigjen Agus Rianto yang sebelumnya menjabat Karopenmas Divhumas Polri yang saat ini masih menjabat sebagai Wakapolda Papua.

Pos Wakabaintelkam yang ditinggal Setyo akan dijabat oleh Irjen Pulus Waterpau yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua. Sementara itu, posisi Waterpau yang kosong akan diisi Boy Rafli Amar.

Sejumlah Pati yang juga bergeser antara lain Kapolda Bengkulu, Brigjen Yovianes Mahar digeser ke Sahlijemen Kapolri, sedangkan posisinya digantikan oleh Brigjen Coki Manurung.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Musyafak dirotasi menjabat Wakalemdiklat Polri yang sebelumnya dijabat Irjen Ketut Untung Yoga Ana. Ketut ditugaskan ke Kementerian Desa, Percepatan Pembangunanan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Posisi Kapolda Kalimantan Barat diisi Kapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Erwin Triwanto. Pengganti Brigjen Erwin diisi Brigjen Rachmat Mulyana.

Selain Pati, ada juga sejumlah Perwira Menengah (Pamen) yang dirotasi, salah satunya adalah posisi Wakil Direktur Lalu Lintas yang saat ini dijabat oleh AKBP Indra Jafar. Indra dirotasi menjadi Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabidpropam) Polda Jawa Timur.

Sedangkan posisi Indra akan diisi oleh AKBP Kingkin Winisuda yang sebelumnya menjabat Kapolres Pemalang. (Ayp)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH