Biarkan Tubuh Terpapar Sinar Matahari Pagi

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 15 Mei 2017
Biarkan Tubuh Terpapar Sinar Matahari Pagi
Ternyata, tubuh Anda memerlukan paparan sinar matahari pagi (Foto: Huffington)

Sinar matahari pagi tidak hanya mampu memberikan kehangatan, tetapi juga bermanfaat membunuh mikrobakteria. Di samping itu, sinar matahari juga bermanfaat sebagai sumber energi utama untuk mengubah provitamin D pada jaringan kulit menjadi vitamin D.

Manfaat ini tentunya bisa Anda dapat saat berjemur atau beraktivitas di luar ruangan pada pagi hari. Masih banyak manfaat kesehatan lainnya dari paparan sinar matahari pagi, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

1. Tidur jadi nyenyak

Rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Hal itu disebabkan karena produksi hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membantu tidur Anda nyenyak di malam hari. Sementara, produksi hormon melatonin itu sendiri tergantung pada paparan sinar matahari.

2. Perkuat tulang

Mungkin sebagian dari Sahabat MerahPutih sudah tahu, bahwa sinar matahari memiliki banyak kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D akan membantu tubuh menyerap kalsium yang digunakan untuk memperkuat dan menyehatkan tulang Anda. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari ikan, tetapi sinar matahari adalah salah satu sumber terkaya yang menyediakan banyak vitamin D.

3. Kurangi gula darah

Sinar matahari merupakan insulin alami yang memudahkan penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh Anda. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glikogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses tersebut menyebabkan turunnya kadar gula darah dalam tubuh Anda.

4. Lindungi dari penyakit

Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D akan lebih mudah terserang penyakit seperti jantung dan kanker. Penelitian ini juga menemukan bahwa vitamin D dari sinar matahari jauh lebih efektif dan berharga daripada suplemen vitamin D.

5. Tingkatkan kebugaran pernafasan

Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari pun mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah Anda berjemur di bawah matahari pagi.

Lalu, kapan waktu berjemur yang baik? Menurut dr. Yusi Capriyanti, lulusan Universitas Trisakti, Jakarta, waktu berjemur yang baik adalah sebelum jam 9 pagi dan setelah jam 4 sore. Waktu berjemur juga cukup 14-30 menit. Manfaat yang didapat bahkan lebih baik jika Anda berjemur sambil melakukan aktivitas fisik lainnya seperti berjalan kaki.

Nah, mulai sekarang biasakan diri Anda untuk bangun lebih awal agar mendapat paparan sinar matahari pagi yang menyehatkan tubuh.

Lihat juga informasi kesehatan lainnya di sini: Konsumsi Apel Tingkatkan Kesehatan Tubuh.

#Aktivitas Pagi #Sinar Matahari #Tips #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan