Berita Hoax Jadi Perhatian Serius Polisi

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 04 Maret 2017
 Berita Hoax Jadi Perhatian Serius Polisi
Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto (kiri)(ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Berita palsu atau hoax kini mendapat perhatian serius dari jajaran kepolisian. Salah satu caranya dengan memperkuat sumber daya manusia dari pihak kepolisian sendiri. Tujuannya agar penyebaran hoax bisa ditangani secara dini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto menyatakan, sampai saat ini Mabes Polri telah menerima 4000 laporan masyarakat terkait berita hoax. Rikwanto mengatakan hingga saat ini Markas Besar Polri telah menerima sebanyak 4.000 laporan dari masyarakat tentang berita hoax.

"Dari 4.000 itu baru 400 yang diproses hukum, biasanya dikenakan pasal 27 dan pasal 28 Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar Brigjen Pol Rikwanto dalam diskusi Kilas Balik 2016 "Mengupas Jurnalisme Hoax" yang merupakan rangkaian kegiatan Pameran Foto dan Peluncuran Buku Kilas Balik 2016 yang diselenggarakan oleh Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Sabtu, (4/3).

Pria yang pernah mengemban tugas Kadiv Humas Polda Metro Jaya itu menjelaskan orang yang bermain di teknologi informasi, tentu memiliki kemampuan untuk membuat dan menyebarkan berita hoax. Polisi terus mempersiapakan diri untuk membangun kekuatan melawan penyebar berita hoax itu.

"Prajurit-prajurit, anggota-anggota yang kita kumpulkan, kita latih, kita paksakan untuk bisa meng-counter (melawan) opini-opini (informasi hoax) yang ada yang tentunya dari dasar pengetahuan, keterampilannya belum mumpuni," ujarnya.

Rikwanto menjelaskan pihaknya terus menyaring atau menyeleksi anggota yang dapat menggeluti bidang teknologi informasi untuk melakukan serangan terhadap maraknya penyebaran informasi hoax.

"Kita sedang menyaring terus. Dari 30 orang cuma satu yang mumpuni atau yang punya kemauan ke depan yang punya 'passion' (hasrat)," tuturnya.

Dia menuturkan pihaknya telah membuka penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana untuk merekrut ahli-ahli informasi dan teknologi serta komunikasi sehingga dapat melawan opini propaganda dan informasi hoax. Polri juga memiliki "cyber army" untuk menelusuri berita hoax di dunia maya.

Sumber: ANTARA

#Berita Hoax #Polri #Media Hoax
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan