Belasan Ribu Warga Kota Cirebon Tunggu e-KTP, Ada Apa? Ilustrasi. (MP/Mauritz)

Belasan ribu warga Kota Cirebon, Jawa Barat belum mendapatkan KTP elektronik atau e-KTP. Jumlah tersebut berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Sanusi mengatakan, sejauh ini, masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP hanya memanfaatkan surat keterangan dari kecamatannya masing-masing.

"Ketiadaan blangko KTP elektronik membuat ribuan warga Kota Cirebon belum mendapatkannya," katanya, Senin (20/3).

Ia melanjutkan, kekosongan blangko terjadi sejak Oktober 2016 lalu. Kekosongan blangko membuat daftar tunggu cetak e-KTP semakin bertambah. Untuk pelayanan reguler, tercatat ada 5.640 penduduk Kota Cirebon yang menunggu untuk memiliki e-KTP.

Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Kejaksan sebanyak 883 jiwa, Kecamatan Lemahwungkuk 976 jiwa, Kecamatan Hajamukti 2.011 jiwa, Kecamatan Pekalipan 569 jiwa dan Kecamatan Kesambi sebanyak 1.201 jiwa.

"Jumlah tersebut bukan totalnya, hanya pelayanan regular sejak habisnya blangko KTP elektronik pada 7 Oktober 2016 lalu. Selain itu, ada ribuan yang belum tercetak pada saat daftar tunggu setelah blangko habis," sebutnya.

Jika ditotal secara keseluruhan sejak Oktober 2016 lalu, ada 12-15 ribu penduduk Kota Cirebon yang belum memiliki e-KTP. Jumlah tersebut berdasarkan perhitungan per hari.

Dalam sehari, jika dirata-ratakan ada 100 data permohonan pembuatan e-KTP. Jika keadaan seperti ini berlangsung lebih lama, Sanusi khawatir semakin banyak penduduk Kota Cirebon yang belum dapat memiliki e-KTP.

Namun, pihaknya tinggal menunggu waktu sampai blangko tersebut didistribusikan ke seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

"Kami hanya bisa berharap blangko KTP elektronik tersebut didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Saya tidak bisa memberikan jaminan kapan sampainya. Namun, kabarnya akhir Maret ini blangko sudah tersedia," pungkasnya.

Laporan ini merupakan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitaranya. Baca juga berita lain terkait Cirebon di: Investor Tiongkok Lirik Cirebon


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH