Begini Ritual Suku Kaili di Momentum Hari Air Sedunia

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 22 Maret 2017
Begini Ritual Suku Kaili di Momentum Hari Air Sedunia
Ritual "Tora Bingga" oleh suku Kaili (FOTO/Antara)

Momentum Hari Air Sedunia yang jatuh pada hari Rabu (22/3) ini, rupanya tidak hanya menggugah masyarakat modern untuk peduli terhadap air. Suku Kaili di daerah Kawatuna, Palu, Sulawesi Tengah juga memiliki tradisi sendiri yang bertepatan dengan Hari Air Sedunia ini.

Dalam kegiatan tersebut, suku Kaili menggelar ritual yang diberinama "Tora Bingga". Dalam upacara ini sejumlah pemangku adat suku Kaili mengambil air sungai saat prosesi ritual "Tora Binggga". Prosesi ritual tersebut dimaksudkan untuk meminta kepada sang pencipta agar sumber air tetap terjaga.

Untuk diketahui, suku Kaili adalah salah satu komunitas masyarakat tradisional Indonesia yang mendiami sebagian besar dari Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya wilayah Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu.

Suku Kaili juga mendiami seluruh daerah di lembah antara Gunung Gawalise, Gunung Nokilalaki, Kulawi, dan Gunung Raranggonau.

Sedangkan untuk wilayah pantai timur Sulawesi Tengah, suku Kaili meliputi daerah Kabupaten Parigi-Moutong, Kabupaten Tojo-Una Una dan Kabupaten Poso. Mereka mendiami kampung atau desa di Teluk Tomini yaitu Tinombo, Moutong, Parigi, Sausu, Ampana, Tojo dan Una Una.

Sedangkan di Kabupaten Poso mereka mendiami daerah Mapane, Uekuli dan pesisir Pantai Poso. Untuk menyatakan "orang Kaili" disebut dalam bahasa Kaili dengan menggunakan prefix "To" yaitu To Kaili.

Untuk mengikuti artikel terkait, baca juga: "Nyadran" Upacara Tradisional Orang Jawa Yang Mulai Tersisih

#Hari Air Dunia 2015 #Ritual #Tradisi Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan