Begini Cara Pembuatan Film Sebelum Adanya Teknologi CGI

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 07 Maret 2017
Begini Cara Pembuatan Film Sebelum Adanya Teknologi CGI
Perbedaan menggunakan CGI atau tidak (createcg.net / supermania78.com)

Perkembangan teknologi yang kian maju memang sangat membantu di dalam pembuatan film. Saat ini hanya dengan bantuan layar hijau dan komputer, sang pembuat film bisa mewujudkan situasi dan kodisi yang diinginkan.

Contohnya saja dalam pembuatan film Logan yang baru-baru ini dikabarkan mendapat keuntungan luar biasa. Film terakhir dari Hugh Jackman sebagai Wolverine itu banyak menggunakan efek kamera untuk sentuhan-sentuhan adegan menegangkannya.

Teknologi yang biasa dipakai untuk pembuatan film adalah Computer Graphic Image (CGI). Pada perkembangannya, CGI semakin mendarah daging dalam industri perfilman. Mulai tahun 2000-an, CGI memegang peran dominan untuk pemberian efek visual.

teknologi CGI di film Dark Knight (boredpanda)

Tapi bagaimana pembuatan film sebelum munculnya teknologi CGI? Mungkin hal tersebut menjadi pertanyaan yang cukup menarik dibahas. Pasalnya, tak terbayangkan seberapa banyaknya properti yang harus digunakan untuk membuat satu film.

Di film Superman 1978 menjadi salah satu bukti bahwa membuat film sebelum munculnya teknologi CGI tidaklah mudah. Banyak properti-properti yang harus digunakan bahkan untuk satu adegan film.

Saat adegan pengiriman Clark Joseph Kent atau Superman bayi dari planet Krypton ke Bumi pembuatan dilakukan dalam sebuah studio. Di dalam studio tersebut kita bisa melihat betapa banyaknya properti yang digunakan. Tanpa bantuan CGI, studio itu dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan keadaan nyata.

Belum lagi adegan lain di dalam film seperti adegan Superman terbang. Lagi-lagi tanpa bantuan CGI, harus menganbil gambar secara keseluruhan di sekitar Superman. Hal ini pun menyebabkan pencarian lokasi yang pas benar-benar dibutuhkan.

Perbedaan menggunakan CGI atau tidak (createcg.net / supermania78.com)

Hal yang sama juga terjadi pada film Star Wars : Empire Strikes Back yang dibuat di awal tahun 80an. Di salah satu adegannya, sang jagoan utama Luke Skywalker terpojok oleh Darth Vader dan bergelantungan diatas pemancar.

Memang merinding membayangkan berdiri di tempat yang sangat tinggi. Namun, pada kenyataannya hal tersebut hanyalah tipuan kamera dengan pengambilan angle yang tepat.

9bytz.com

Sahabat Merahputih, itulah sedikit penjelasan mengenai pembuatan film sebelum munculnya teknologi CGI. Bicara soal film, sudah tahu belum transformasi Wolverine dari tahun 2000 hingga sekarang. Yuk baca Transformasi Wolverine dari Tahun 2000 Hingga 2017.

#Film #Film Hollywood #Superman #Star Wars
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan