Bawang Putih Asal Tiongkok dan India Serbu Surabaya Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memimpin langsung operasi pasar bawang putih di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), Jalan Tambak Osowilangun, Jumat (19/5).

"Semoga operasi pasar khusus bawang putih ini bisa membantu, yang beberapa hari terakhir harganya naik," kata Amran saat membuka operasi pasar itu.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, serta Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Agus Suhardi.

Sebanyak enam kontainer bawang putih didatangkan untuk operasi pasar dan dijual kepada masyarakat dengan harga tertentu.

Ada tiga jenis bawang yang kali ini dijual, yakni bawang putih dari Tiongkok dijual Rp23.000 per kilogram atau Rp460.000 per 20 kilogram.

Kemudian, bawang putih dari India jenis super dijual Rp15.000 per kilogram atau Rp300.0000 per 20 kilogram, dan dari India kualitas pertama dijual Rp10.000 per kilometer atau Rp200.000 per 20 kilogram.

Menurut Amran, operasi bawang putih dilakukan juga untuk menurunkan harga bawang putih yang pada pekan lalu masih mencapai Rp50.000 per kilogramnya.

Kendati demikian, para pengusaha atau importir bawang telah sepakat menurunkan harga yang dibuktikan per hari ini di beberapa pasar dijual Rp23.000 per kilogramnya.

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH