Banjir Bandang Puluhan Rumah di Kuningan Hanyut

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Senin, 23 Januari 2017
Banjir Bandang Puluhan Rumah di Kuningan Hanyut
Banjir bandang di Kecamatan Cibingbing, Kabupaten Kuningan. (ISTIMEWA)

Kuningan - Puluhan rumah pada enam desa di wilayah Kecamatan Cibingbing, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat hanyut terbawa banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut, Minggu (22/1). Selain rumah, puluhan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan unggas juga ikut hanyut.

Banjir bandang yang menenggelamkan enam desa di wilayah Kecamatan Cibingbing tersebut disebabkan oleh meluapnya air di Sungai Jangkelok. Enam desa yang terendam ini adalah Desa Sindang Jawa, Cipondok, Sukaharja, Cibingbing, Citenjo dan Dukuh Badag.

Bupati Kuningan Cecep Purnama, menjelaskan, berdasarkan data sementara yang ia peroleh, ada sekitar 62 rumah yang dinyatakan hanyut terbawa derasnya luapan Sungai Jengkelok.

"Laporan sementara yang baru saya terima itu ada 62 rumah yang hanyut total dan belum ada laporan korban jiwa," kata Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang dihubungi di Kuningan.

Saat ini, kata Asep, warga yang terkena dampak banjir bandang mengungsi di balai desa dan masjid. Adapun langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan, menurut Asep, pihaknya telah mengirim tiga mobil pemadam kebakaran untuk membantu membersihkan balai desa dan masjid yang digunakan sementara warga korban banjir bandang

"Karena tadi balai desa dan masjidnya juga banyak lumpur," kata Acep.

Ia juga mengakui, pihaknya belum bisa maksimal dalam mendata korban dan kerugian akibat banjir bandang tersebut, karena saat ini terjadi pemadaman listrik di wilayah Kecamatan Cibingbing. "Listrik sengaja dipadamkan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," sebut Acep.

Berita ini berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon, Kuningan dan sekitarnya.

#Banjir Bandang #Jawa Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan