Bakso Kerikil, dalam Satu Mangkuk Bisa Sampai 50 Butir Foto; MerahPutih/Fredywansyah

Bakso kerikil merupakan salah satu kuliner varian bakso yang paling diburu di Yogyakarta. Selain karena rasanya, jumlah baksonya tak tanggung-tanggung, mencapai puluhan butir dalam seporsinya.

Ternyata, dalam penyajiannya, pedagang bakso ini tidak pernah menghitung bakso yang disajikan ke dalam mangkuk.

"Ya lama ngitungnya. Kan biasa, dikira aja, untuk seporsi segini banyaknya. Pelanggan bilang macamacam. Ada yang 40 lebih, ada yang 50. Ada juga yang 60," kata Pak Supri, pemilik warung Bakso Kerikil Pak Supri Al Barokah kepada merahputih.com.

Tentu, bagi pecinta bakso, jumlah bakso segitu banyak menjadi rezeki tersendiri. Bikin perut kenyang. Memang ukuran baksonya kecil, tapi sensasi mengunyah bakso dijamin mengenyangkan. Ditambah lagi ada bakso besarnya di antara puluhan bakso kerikilnya.

Selain bakso krikilnya, semangkoknya terdiri dari sebiji bakso berukuran besar, potongan tahu, mie kuning, bihun, taburan seledri dan sedikit bawang goreng serta mempunyai kuah yang bening.

Kuahnya terasa gurih. Baksonya yang cukup besar terasa dagingnya. Sementara yang kecil - kecil terasa empuk dan cenderung lezat.

Soal harga baksonya terbilang biasa. Tak mahal dan tak murah. Seporsinya hanya Rp 10 ribu.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Berburu Kuliner Era Mataram "Jenang Gempol" Di Pasar Tradisional



Ana Amalia

YOU MAY ALSO LIKE