Asal Usul Nama Betawi Festival Palang Pintu IX dan Gelar Budaya 2016. (Foto MP/John Abi

Suku Betawi merupakan salah satu suku yang berasal dari Indonesia dan menetap di daerah Jakarta dan pinggirannya seperti kota Depok. Beberapa sejarawan menyebut bahwa suku Betawi merupakan keturunan dari hasil perkawinan antarsuku di Nusantara.

Namun, ada juga yang berpendapat jika suku Betawi sudah ada sejak zaman batu atau periode neolitikum seperti yang dijelaskan oleh sejarawan, Sagiman MD.

Meski demikian, berdasarkan catatan sejarah lainnya, sejak masa kolonial Belanda sekira tahun 1615 dan 1815, tidak ditemukan catatan mengenai keberadaan orang-orang Betawi.

Salah seorang sesepuh Betawi, Abah Buang Jayadi (84) menuturkan bahwa suku Betawi sudah ada sejak zaman purba, di mana kata Betawi merupakan sanepan dari bahasa Melayu Polynesia Purba.

“Kalau bahas suku Betawi, sudah ada sejak zaman prasejarah. Betawi itu asal kata dari Pitawi, bahasa Melayu Polynesia Purba, yang mempunyai arti adalah ‘larangan’. Itu mengacu pada Situs Batu Jaya di Karawang,” tutur Abah Buang Jayadi di kediamannya, Depok, Jawa Barat.

Jadi, kata Abah Buang, setelah beranak pinak masyarkat Betawi menyebar ke segala penjuru daerah yang sekarang bernama Jakarta. Selain itu, secara geografis suku Betawi dibagi atas dua bagian; tengah dan pinggiran.

“Kalau bagian tengah itu sekitaran Monas (Jakarta Pusat), sedangkan pinggiran masuk ke arah selatan dan utara. Selatan itu meliputi kota Depok, sedangkan utara daerah Tanjung Priok,” katanya.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH