Asal Mula Sego Roomo, Kisah Perempuan Miskin dan Seorang Wali

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 25 Februari 2017
Asal Mula Sego Roomo, Kisah Perempuan Miskin dan Seorang Wali
Sego Roomo (Instagram Mickomu)

Keunikan Sego Roomo yang penjualnya harus dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ternyata memiliki latar belakang yang tak kalah menarik. Kisah asal muasal Sego Roomo ini kemudian melegenda.

Konon ada salah seorang perempuan setengah baya yang tinggal di Desa Roomo. Ia kebingungan untuk menghidupi keluarganya.

Perempuan itu kemudian bertemu dengan salah seorang Wali. Lalu, wali itu memberi saran agar perempuan itu menjual desanya. Mendapat saran tersebut, perempuan ini pun merasa bingung. Di dalam hatinya dia bertanya-tanya apa maksud dari ucapan Wali tersebut dengan menjual desa itu.

Perempuan ini kemudian menjual makanan yang diberi nama Sego Roomo, sesuai dengan nama desa tempat tinggalnya.

Kelezatan Sego Roomo lambat laun tersebar dari mulut ke mulut dan mulai dikenal luas. Rasanya yang enak dan gurih membuat ketagihan.

Begitulah, lama kelamaan dagangan perempuan itu laris dan terkenal hingga nama desanya, Roomo pun ikut terangkat bersama dengan perekonomian perempuan tersebut.

Maimunah, salah seorang penjual Sego Romoo, yang biasa mangkal di sekitar Pasar Kota Gresik ini mengaku selalu diburu pembeli. Sebab, penjual seperti dirinya tidak banyak.

"Penjual Sego Roomo sekarang ini nggak banyak. Bahkan kalau penjualnya bukan orang Romoo rasanya nggak bakalan enak," tuturnya.

Artikel ini berdasarkan liputan Mauritz kontributor atau reporter merahputih.com yang sedang meliput ke Gresik, Jawa Timur. Baca juga artikel kuliner dari Gresik lainnya di sini: Cobain Sego Roomo, Kuliner Khas Gresik yang Sudah Langka

#Sego Roomo #Kuliner Gresik #Jawa Timur
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan