Kartini dalam Akting 3 Aktris Indonesia Raden Adjeng Kartini

Hari ini, Jumat (21/4), menjadi peringatan kelahiran Pahlawan Pergerakan Nasional, Raden Ajeng Kartini. Untuk menghormati perjuangannya dalam emansipasi perempuan, beberapa sutradara kenamaan Indonesia memfilmkan perjalanan hidup seorang Raden Ajeng Kartini menjadi sebuah tontonan yang mendidik dan juga menghibur para penikmat film Tanah Air. Berikut beberapa aktris Indonesia yang pernah memerankan tokoh Kartini.

Yenny Rachman

Film R.A Kartini
Film R.A Kartini

Aktris senior Yenny Rachman ternyata juga pernah memerankan tokoh Kartini dalam filmnya berjudul R.A. Kartini di tahun 1982. Film tersebut menjadi film Kartini pertama yang diproduseri oleh Harris Lasmana dan disutradarai oleh Sjuman Djaya yang sekaligus menjadi penulis skenario di film R.A. Kartini tersebut.

Tak hanya Yenny Rachman yang terlibat dalam film R.A. Kartini ini, sederet artis senior lainnya juga turut meramaikan film ini seperti Bambang Hermanto, Adi Kurdi, Nani Widjaya, R.M. Wisnoe Wardhana, Swandari Wardhana, dan Chintami Atmanegara.

Sama seperti film Kartini Lainnya, film R.A. Kartini ini juga mengisahkan tentang perjuangan seorang R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak kaum perempuan Indonesia, atau lebih dikenal dengan emansipasi perempuan. Pada saat itu, hak perempuan masih belum setara dengan pria dalam pendidikan dan sebagainya.

Rania Putri Sari

(Instagram/raniaps)
(Instagram/raniaps)

Aktris pendatang baru Rania Putri Sari ternyata sangat beruntung melalui sebuah audisi yang dilakukannya di tahun 2015 lalu. Rania berhasil mendapatkan peran utama sebagai Kartini di film produksi MNC Pictures berjudul "Surat Cinta untuk Kartini". Film ini resmi dirilis di bioskop pada 21 April 2016 lalu.

Selain Rania Putri Sari, sederet bintang kenamaan lainnya juga turut meramaikan film karya sutradara Azhar Kinoi Lubis seperti, Chicco Jerikho, Ence Bagus, Donny Damara, Acha Septriasa, Ayu Dyah Pasha, Melayu Nicole Hall, dan masih banyak lagi bintang top lainnya.

Sebelum ia berhasil mendapatkan peran sebagai tokoh pahlawan Indonesia tersebut, Rania harus bersaing terlebih dahulu dengan 3 kandidat lainnya untuk merebutkan tokoh R.A. Kartini. Dan demi memuluskan perannya, Rania pun banyak mencari referensi bagaimana seorang Kartini bersikap. Bahkan, Rania didampingi guru tata krama Jawa agar aktingnya tak melenceng dari tokoh aslinya.

Dian Sastrowardoyo

(Instagram/therealdisastr)
(Instagram/therealdisastr)

Aktris cantik Dian Sastrowardoyo memang dikenal sebagai aktris dengan wajah wanita Indonesia banget. Tak heran jika Ibu dari dua anak tersebut berhasil mendapatkan peran sebagai Raden Adjeng Kartini di film terbaru besutan sutradara ternama Hanung Bramantyo berjudul "Kartini".

Dian Sastro pun merasa bangga karena bisa memerankan karakter salah satu tokoh pahlawan idolanya tersebut. Saat mengetahui bahwa Hanung Bramantyo akan membuat sebuah film tentang Kartini, Dian pun sangat semangat untuk bisa mendapatkan peran tersebut. Namun, Hanung berkata jika ia mencari artis muda untuk memerankan karakter Kartini dan Dian menurut Hanung sudah terlalu tua.

Meski awalnya sempat pesimis dan mencoba beberapa peran lain di film Kartini, salah satunya Dian dipercaya untuk berperan sebagai ibunda Kartini, Ngasirah muda. Karena ia sadar kini dirinya masuk dalam kategori aktris yang beranjak tua. Namun, karena memang tokoh Kartini merupakan jodohnya, Dian pun akhirnya dipaksakan untuk menjadi tokoh Kartini di film yang sempat gagal tayang di tahun 2016 lalu tersebut. Film Kartini ini baru saja dirilis pada 19 April 2017 lalu secara serentak di bioskop-bioskop kesayangan Anda.

Nah, bagaimana menurut Anda, Sahabat Merahputih, siapakah artis Indonesia yang paling cocok memerankan Kartini? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Baca juga artikel Nilai Kekeluargaan Dalam Film 'Kartini'.



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE