Arie Kriting Anggap UN Masalah Utama Pendidikan Indonesia (Foto: instagram @arie_kriting)

Menurut stand up komedian, Arie Kriting, pendidikan adalah hal yang utama dalam membangun bangsa. Namun hal tersebut tidak akan bisa terwujudkan bila pemerintah masih menerapkan Ujian Nasional (UN) sebagai tahap final seorang anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya atau tidak.

"Pendidikan di Indonesia selama kita tidak lepas dari Ujian Nasional menurut saya sulit," ucap pria bernama lahir Satriaddin Maharinga Djongki ini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

Pria yang memulai karirnya setelah menjadi juara 3 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season ketiga ini mengibaratkan UN sebagai duri di dalam daging. Arie menilai jika ingin membenahi pendidikan Indonesia, paka hal yang pertama harus dilakukan adalah menghapun UN.

"Yang pertama dilakukan adalah cabut durinya dulu baru kita melangkah maju. Artinya hapus dulu Ujian Nasional baru kita pikirkan bagaimana mencerdaskan bangsa ini. Karena menurut saya itu tidak efektif kalau tidak dihapus. Terus kenapa kalau kamu bisa jawab soal-soal itu (UN)?," ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang bermain di film Comic 8: Casino Kings ini juga mengatakan kalau UN hanyalah menghambat kreatifitas anak untuk mengembangkan bakatnya. Anak hanya akan berkonsentrasi bagaimana bisa lulus dalam UN.

"Orang jadi belajar untuk tidak memiliki ilmu tapi belajar untuk menjawab soal-soal yang dikemukakan. Banyak bakat yang hilang karena mengikuti UN. Misalnya bakatmu di penulisan skenario tapi itu kan tidak muncul ujian," terangnya.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Para Artis yang Ikut Pilkada Serentak 2017, Meskipun Akhirnya Kalah.



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE