Apa Makna Simbol Botol Terbuka Pada Kosmetik? Gambar botol krim terbuka menyimbolkan masa berlaku produk setelah pertama dibuka (Foto: Popsugar)

Sahabat MerahPutih yang hobi make-up pernah memperhatikan ada gambar botol kecil terbuka di kosmetik Anda? Gambar itu disertai angka dan huruf 'M' seperti pada foto di atas. Meskipun terkesan tidak penting, tapi mungkin Anda pernah mempertanyakannya, "Tanda apakah itu?"

Ternyata, tanda tersebut merupakan masa berlaku produk setelah pertama dibuka (Period of Time After Opening). Kosmetik kita punya masa berlakunya masing-masing. Misalnya, bedak bisa disimpan dan digunakan sampai dua tahun, lipstik satu tahun, dan maskara dua sampai empat bulan. Di luar itu, sebaiknya kita singkirkan produk kecantikan tersebut, karena sudah tidak baik dan bisa jadi berbahaya bagi kita.

Perhatikan usia pakai make-up Anda (Foto: Pixabay)

Kosmetik memiliki batas pakai dikarenakan beberapa hal. Seperti, adanya bakteri di tangan yang ikut tercampur saat mencelupkan jari ke produk, kelembapan yang menimbulkan jamur, juga produk yang mengeras. Kosmetik daerah mata biasanya masa hidupnya lebih singkat, seperti maskara yang mudah terpapar bakteri dan jamur.

Masa berlaku produk setelah dibuka tersebut disimbolkan dengan sebuah botol krim pipih yang terbuka, dengan keterangan masa berlakunya. Huruf 'M' merupakan mensis atau bulan dalam bahasa Latin. Angka yang menyertainya merupakan keterangan jumlah bulannya. Jadi misalnya '12M', berarti produk tersebut aman dipakai 12 bulan ke depan.

Simbol ini diwajibkan agar produsen kosmetik juga memperhatikan keamanan penggunanya. Anda dapat menemukan simbol tersebut terutama pada produk-produk kecantikan asal Eropa. Angka yang tercantum berlaku normal jika kosmetik disimpan dengan baik dan benar. Kosmetik yang tidak dirawat dengan benar bisa jadi lebih cepat rusak daripada yang tertera.

Simak pula informasi kecantikan lainnya dalam artikel Tren Kuku Ini Terinspirasi dari Batu Kristal dan Buat Sendiri Masker Wajah dari Alpukat.

Sumber : https://www.popsugar.com/beauty/Where-Expiration-Date-Beauty-Products-43515248


Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE